Home / Internet / 7 Cara Menggunakan WIFI Umum / Publik Dengan Aman dan Benar

7 Cara Menggunakan WIFI Umum / Publik Dengan Aman dan Benar

Bagaimana cara aman ketika kita sedang berselancara menggunakan Free Hostpot. Berikut 7 Cara Menggunakan WIFI Umum / Publik Dengan Aman dan Benar. Anda sedang berada di luar, melakukan belanja di mal. Atau anda baru saja masuk ke sebuah hotel. Mungkin anda berada di taman. Kebetulan di tempat-tempat tersebut tersedia Free WiFi dan kebetulan anda harus online. Sialnya, paket data anda sudah menipis atau bahkan mungkin sudah habis. Atau anda berada di lokasi blankspot yang tidak ada sinyal selular.

Dalam kebutuhan anda untuk online, anda mungkin akan mengabaikan kenyataan bahwa jaringan WiFi publik / UMUM mungkin tidak aman.

Memang, mungkin tidak pernah terpikir oleh anda bahwa WiFi yang terbuka bisa memberikan risiko. Jadi sebelum anda meminum kopi anda, sambil mengakses Facebook di ponsel anda, pertimbangkan strategi aman sederhana ini untuk menggunakan WiFi publik dengan aman.

Berikut tips sebelum kamu menggunakan wifi public..

Cara Menggunakan WIFI Umum / Publik Dengan Aman dan Benar

Cara Menggunakan WIFI Umum / Publik Dengan Aman dan Benar

Sebelum kamu mulai berselancar di wifi umum, pastikan hal – hal sederhana penyebab hilangnya seluruh data pada perangkat elektronik sudah kamu amankan, supaya terhindar dari serangan Hacking / hacker.

Berikut tips aman dari saya, ketika kamu sedang menggunakan wifi umum….

1. Pastikan Sistem Operasi anda update

Pembaruan sistem operasi tidak hanya memberikan fitur baru ke Android atau iPhone Anda. Pembaruan berusaha untuk lebih menguatkan sistem operasi, memperbaiki kerentanan, dan mencegah peretas mencuri data anda.

Karena itu, anda harus menginstal pembaruan sistem operasi anda. Setiap kali pembaruan iOS baru hadir, unduh dan pasang ke iPhone anda. Saat Google mengeluarkan pembaruan, pasang di perangkat Android anda.

Khawatir tentang batas penyimpanan? Backup atau sinkronkan data penting ke cloud, lalu buat ruang, hapus aplikasi, sehingga pembaruan dapat diunduh dan dipasang.

Dan kiat ini bukan hanya agar anda aman mengakses WiFi publik, tapi ini untuk segalanya. Tetap perbarui sistem operasi seluler anda!

2. Gunakan Tool Keamanan Mobile

Sebelum menggunakan WiFi publik, anda harus memastikan bahwa ponsel anda memasang perangkat lunak keamanan yang sesuai. Meskipun ini tidak terlalu berlaku bagi pengguna iOS, android lebih memiliki masalah dengan malware. Perangkat lunak keamanan akan menyediakan firewall, pemindaian dan penghapusan malware.

Alasannya jelas. Jika anda terhubung ke jaringan WiFi terbuka tanpa jaminan, anda berisiko membuka diri ke malware dari perangkat lain di jaringan. Ini mungkin tidak disengaja – mungkin worm menyebar sendiri dari satu perangkat yang terinfeksi ke yang lain – atau mungkin disengaja, dikirim oleh pengguna jahat yang mungkin duduk cukup dekat dengan kita.

Aplikasi keamanan seluler dapat mengurangi ini, melindungi perangkat anda baik dengan secara aktif bertahan, atau memindai dan menghapus malware yang menyerang. Sementara sebagian besar malware menargetkan komputer Windows, (jangan mengabaikan fakta bahwa ada malware yang fokus pada seluler).

Android khususnya adalah target besar bagi peretas dan penipu seperti hal-nya Windows. Jika anda khawatir tentang malware di perangkat Android anda, kiat ini akan membantu anda meningkatkan keamanan Android anda.

3. Jangan buang waktu dengan jaringan WiFi Publik yang lambat

Masuk ke jaringan WiFi terbuka tapi ternyata koneksi anda lambat? Sangat sulit bahkan membuat koneksi ke halaman login? Hati-hati – atau lebih baik lagi, putuskan hubungan.

Kemungkinan kecepatan lamban terjadi karena router telah dijebol. Penjelasan lain mungkin karena anda tidak terhubung ke router sama sekali, tetapi ke perangkat lain yang menyamar sebagai router. Kecepatan mungkin tampak lambat karena data sedang diarahkan melalui perangkat lain.

Tapi apa yang bisa dilakukan oleh perangkat lain?

Ya, dengan menggunakan WiFi publik akan membuka anda untuk semua jenis penjahat cyber. Serta “sniffing” sinyal wireless anda untuk memperoleh informasi username / password, penyerang mungkin cukup mengonfigurasi PC penyerang agar menjadi router palsu. Yang tinggal mereka lakukan adalah duduk manis dan menunggu seseorang untuk terhubung ke perangkat penyerang karena kesalahan.

Password yang tidak terenkripsi dan data pribadi lainnya yang anda kirim dapat ditangkap, seperti juga riwayat situs web yang anda kunjungi. Singkatnya, para penjahat ini dapat mencuri identitas anda.

4. Hindari Transaksi Keuangan Tanpa Perlindungan

Online banking dan belanja melalui sambungan WiFi publik adalah tidak aman. Penyerang dapat menyadap menggunakan tool yang mereka miliki untuk membuat hidup anda sulit karena beberapa data yang tidak di enkripsi tersadap di perjalanan. Tentunya anda hanya boleh berbelanja dengan perusahaan yang menjaga password anda dengan baik agar tetap aman. Sebaiknya anda menghindari membuat masalah di sisi anda.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan keamanan? Salah satu caranya adalah dengan beralih ke koneksi internet menggunakan sambungan seluler anda sendiri, jika memungkinkan, dan melakukan transaksi dengan aman seperti itu. Anda mungkin juga menggunakan VPN untuk mengenkripsi semua lalu lintas internet anda.

Jika anda menggunakan layanan online banking, pastikan anda menggunakan aplikasi resmi bank anda, dan itu harus memberikan enkripsi seutuhnya. Demikian pula, tetap gunakan aplikasi resmi yang aman untuk belanja online. Jika mereka tidak aman, jangan berbelanja sampai anda yakin itu aman!

5. Gunakan Two-Factor Authentication Jika Memungkinkan

Two-Factor Authentication menjadi sangat penting sekali. Ini adalah cara mengapa anda dapat yakin bahwa anda berkomunikasi dengan layanan online yang anda pikir anda gunakan. Demikian pula, layanan online tersebut dapat yakin bahwa memang benar-benar anda yang mencoba masuk, atau yang melakukan transaksi perbankan.

Two Factor yang digunakan dalam standar Two-Factor Authentication (2FA) biasanya adalah sesuatu yang anda ketahui (misalnya, kredensial login anda) dan sesuatu yang anda miliki (kode yang dihasilkan di ponsel anda, atau pesan SMS yang dikirim melalui toko online, bank, atau layanan lainnya). Setelah dimasukkan dengan benar, anda dapat yakin bahwa anda menggunakan situs web asli.

Two-Factor Authentication biasanya ditawarkan oleh perusahaan online yang paham keamanan. Namun, perlu diketahui bahwa aktivitas yang dilakukan setelah tanda dua faktor mudah diamati oleh pemilik router atau jaringan palsu. Karena itu, jangan mengandalkan ini sebagai “perbaikan” untuk jaringan WiFi terbuka.

6. Matikan WiFi jika anda sudah selesai

Ini adalah ide sangat sederhana, tetapi banyak orang abaikan. Tetapi mematikan ponsel cerdas atau wireless internet tablet sesudah anda selesai adalah ide bagus. Selain itu, fungsi berbagi koneksi internet apa pun – seperti tool perangkat WiFi Sense versi Windows 10 Mobile – harus dinonaktifkan sebelum anda tersambung.

Dengan WiFi dinonaktifkan, setiap upaya untuk memasukan malware yang tidak diinginkan ke perangkat anda akan gagal. Penyerang dekat anda yang mencoba melakukan peretasan akan mendapati upaya mereka menabrak dinding jika koneksi data tidak digunakan. Singkatnya, ini adalah salah satu tindakan paling menentukan yang dapat anda ambil untuk melindungi ponsel cerdas anda pada WiFi publik.

7. Jangan tersambung ke WiFi Publik tanpa VPN

Banyak risiko saat menggunakan WiFi publik dapat diminimalkan dengan penggunaan VPN. Secara tradisional hanya tersedia untuk desktop dan laptop, banyak penyedia VPN sekarang membuat aplikasi seluler. Klien tool yang berguna ini dapat digunakan untuk terhubung ke server VPN yang aman, sehingga mengenkripsi lalu lintas data saat meninggalkan perangkat anda.

VPN memiliki banyak tujuan dari penghindaran proxy untuk mengatasi pemblokiran wilayah jaringan. Mereka juga alat keamanan terbaik yang anda miliki untuk menjelajahi internet untuk segala hal.

Kekhawatiran tentang keamanan transaksi keuangan dan pembelian anda, dan kemungkinan bahwa anda terhubung ke router palsu, semua dapat diberhentikan. Dengan VPN, keamanan dan privasi data terjamin, memungkinkan anda untuk berhenti mengkhawatirkan para penyerang. Bagi anda yang terburu-buru untuk menggunakan VPN, dapat melirik ExpressVPN.

Itulah tadi Tips dari saya ketika kamu ingin menggunakan wifi umum dengan aman.

Sekian 7 Cara Menggunakan WIFI Umum / Publik Dengan Aman dan Benar

Trimakasih;

Check Also

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network) – VPN atau kepanjangan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *