Home / Komputer / Cara Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software

Cara Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software

Sebelum kita masuk Bagaimana Cara Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software, sebaiknya sobat baca terlebih dahulu tentang apa itu file pdf dan apa keuntungan jika meng-convert file PDF ke Word, File PDF ( Portable Document Format ) adalah sebuah file khusus yang dulu di kembangkan oleh ADB dan hanya bisa sobat buka dengan menggunakan Tools / Software ADB Reader.

Terkadang dalam kondisi tertentu, mungkin sobat perlu untuk sedikit merubah isi dalam file pdf maka sobat wajib untuk convert ke ms world terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan pada isi file pdf yang sobat simpan.

Sebenarnya Merubah file pdf ke Docx / Doc dapat sobat lakukan dengan tanpa bantuan software, misalkan jika sobat pengguna MS Word tahun 2013, maka sobat hanya perlu menggunakan fitur Convert file pdf to world pada microsoft world tahun 2013 keatas, namun jika sobat masih menggunakan versi ms wold versi lawas, maka sobat wajib menggunakan Software tambahan untuk melakukan Convert.

Sebanarnya ada 2 cara Merubah / convert pdf ke world Online Tanpa Software dan Offline Dengan Software, kalo sobat ingin mengetahuinya silakan baca dan pahami tutorial di bawah ini;

Cara Convert PDF Ke Word Tanpa Software

Cara pertama menggunakan layanan Converter Online Free, Sebanarnya ada banyak lagi situs Convert seperti ConverterOnlineFree namun jika sobat mencari yang gratisan dan tidak mengecewakan maka saya sarankan menggunakan ConverterOnlineFree, selain gratis banyak juga keunggulan yang disediakan situs ini.

Keunggulan ConverterOnlineFree :

  • Layanan Gratis, jadi sobat tinggal pakai aja.
  • Tidak usah menggunakan Alamat Email, untuk mendownload hasil convert pdf ke docx / doc.
  • Batas ukuran file pdf yang bisa sobat Upload sebesar 50MB, Lebih besar dari kebanyakan situs.
  • Menyediakan 2 pilihan Convert, yaitu pdf ke docx dan pdf to doc

Bagaimana cara menggunakan ConverterOnlineFree

  1. Sobat masuk ke Website ini ConverterOnlineFree.
  2. Setelah itu tentukan jenis document yang ingin sobat convert PDF to DOC atau PDF to DOCX.Cara Cepat Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software - bagi kamu yang ingin merubah atau convert pdf secara offline baik menjadi file (.doc atau .docx)
  3. Setelah itu Klik Choose File kemudian arahkan ke File PDF yang ingin di convert ke World.Cara Cepat Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software - bagi kamu yang ingin merubah atau convert pdf secara offline baik menjadi file (.doc atau .docx)
  4. Langkah terakhir klik Convert kemudian tunggu sampai proses convert pdf ke word selesai, Nanti akan muncul Pop up hasil convert pdf ke word klik OK untuk mulai meng-unduh.Cara Cepat Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software - bagi kamu yang ingin merubah atau convert pdf secara offline baik menjadi file (.doc atau .docx)

Cara Convert PDF ke Word dengan Smallpdf

Smallpdf sama seperti ConverterOnlineFree namun menurut saya, dalam segi penggunaan ConverterOnlineFree lebih mudah di gunakan serta kapasitas Upload lebih besar ketimbang Smallpdf, tapi setiap Convert online punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut ini adalah langkah mengubah file pdf ke word dengan Smallpdf;

  1. Buka web Smallpdf  Cara Cepat Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software - bagi kamu yang ingin merubah atau convert pdf secara offline baik menjadi file (.doc atau .docx)
  2. Kemudian setelah website yang dituju terbuka, klik pada tombol Choose File
  3. Akan muncul popup upload file untuk memilih file pdf yang akan anda konversi ke file PDF. Cari file PDF yang ingin anda convert, kemudian klik OK
  4. Tunggu proses pengunggahan file pdf dan Proses Convert file pdf ke word selesaiCara Cepat Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software - bagi kamu yang ingin merubah atau convert pdf secara offline baik menjadi file (.doc atau .docx)
  5. Setelah proses pengonversian selesai dilakukan, akan muncul pop up untuk mendownload file dalam bentuk word hasil konversi dari PDF.

Cara Mengubah PDF ke Word (.docx) Dengan Google Docs

Alternatif lainya untuk Convert file PDF Ke Word dengan menggunakan Google Docs.

Fitur ini jarang di ketahui banyak orang termasuk saya sendiri baru menyadi bahwa Google punya fitur Convert di dalam Google Drive dan menurut saya Google Docs tidak punya batasan dalam seberapa besar File PDF yang ingin di Convert menjadi Format (.Doc / .Docx)

Berikut ini ialah langkah cara convert file PDF dengan google Docs;

  1. Silakan kunjungi Google Docs dengan mengikuti Tautan ini, masuk dengan Email/Gmail yang sobat punya
  2. Pada Dasboard pilih Blank.
  3. Selanjutnya Klik Menu File – Open.
  4. Kemudian Pilih tab Upload Lalu unggah file PDF yang ingin sobat rubah ke format Docx, Tunggu sampai proses Upload selesai.
  5. Setelah Document selesai di unggah klik Menu File » Download as » Microsoft Word (.docx), Seperti conoh gambar dibawah ini.Cara Cepat Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software - bagi kamu yang ingin merubah atau convert pdf secara offline baik menjadi file (.doc atau .docx)

Cara Convert PDF Ke Word dengan Software

Tadi kita sudah membahas Convert pdf ke world tanpa software sekarang saya akan membahas sebalik nya / Convert file pdf dengan Software.

Mungkin bagi sobat cara ini sangat penting apalagi jika sobat ingin mengubah file pdf ke docx / .doc yang ukuran nya segede gajah, kalo sobat memakai convert online pastinya sobat juga butuh koneksi internet belum lagi file nya berukuran diatas 50MB sudah bisa dipastikan tidak bisa mengupload file tersebut, Karna biasanya convert online punya batasan dengan ukuran file pdf yang ingin di ubah.

Tapi jika sobat menggunakan cara Offline, Sobat tidak perlu lagi butuh koneksi internet, sobat bisa Upload file tanpa batas ukuran dan juga software untuk mengubah file pdf ke (.doc/.docx) bisa sobat dapatkan secara Gratis.

Berikut langkah merubah pdf ke docx / .doc dengan software

Cara Mengubah PDF ke Word Dengan Microsoft Office

Pertama sobat wajib mempunya Software Microsoft Office minimal tahun 2013 keatas, Mengapa harus Office tahun 2013 keatas, Karna hanya di tahun tersebutlah Microsoft memberikan fitur yang bisa membuka atau mengedit File PDF dengan menggunkan Microsoft Office.

Berikut ini langkah Mengubah PDF ke Word Dengan Microsoft Office;

  1. Jalankan Software Office tahun 2013 atau tahun 2016 keatas.
  2. Kemudian Klik Menu File » Open, Lalu cari file PDF yang ingin sobat rubah menjadi Doc/Docx.
  3. Nanti akan muncul Pop Up abaikan dengan Klik OK, tunggu sampai proses Converter selesai.Cara Cepat Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software - bagi kamu yang ingin merubah atau convert pdf secara offline baik menjadi file (.doc atau .docx)
  4. Langkah terakhir Klik Menu » File » Save as Kemudian pilih mau sobat simpan dengan Format apa ( .DOC / .DOCX )

Cara Mengubah PDF ke Word Dengan Adobe Acrobat PRO

Ini ialah alternatif cara merubah pdf ke word, sebenarnya ada banyak cara lain untuk convert pdf namun tangan dan fikiran saya udah males nulis banyak-banyak.

Berikut langkah mengubah pdf ke word;

  1. Jalankan software Adobe Acrobat.
  2. Kemudian cari file PDF yang ingin sobat ubah menjadi doc/docx.
  3. Selanjutnya pilih File » Save As Other » Microsoft Word.
  4. Kemudian pilih Word Document / Format Document.Cara Cepat Mengubah File PDF Ke Word Dengan/Tanpa Software - bagi kamu yang ingin merubah atau convert pdf secara offline baik menjadi file (.doc atau .docx)

Catatan : Tutorial diatas tidak menjamin setelah merubah file pdf ke word dengan aslinya, karna banyak file pdf yang malah berubah menjadi berantakan setelah di convert.

Cukup sekian artikel tentang Cara Mengubah File PDF Ke Word.

Apabila ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dan mudah-mudahan saya bisa menjawabnya.

Check Also

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap – Tahun ini bisa dikatakan Internet adalah suatu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *