Home / Hardware Komputer / Definisi atau Pengertian Komputer Menurut Para Ahli & Secara UMUM

Definisi atau Pengertian Komputer Menurut Para Ahli & Secara UMUM

Definisi atau Pengertian Komputer Menurut Para Ahli & Secara UMUM – Komputer pertama kali diciptakan pada tahun 1946, sampai saat ini komputer sudah dikenal luas hingga seluruh dunia, Tapi, apakah setiap orang tau kenapa komputer diciptakan..? sayangnya tidak, banyak masyarakat umum yang salah mengartikan pengertian/definisi dibuatnya komputer..

Memang, kita sebagai pengguna tidak diwajibkan tau, apa pengertian atau sejarah perangkat komputer, karna jaman sekarang dengan mengetahui hal tersebut, kamu tidak akan mendapatkan apa – apa alias tidak ada gunanya, yang penting bisa di oprasikan, sudah..

Beda lagi, jika kamu termasuk mahasiswa technologi informasi yang sedang mencari bahan untuk makalah/presentasi dengan topik yang sama seperti yang saya jelaskan saat ini, Mungkin artikel ini akan sangat berguna buat kamu, pejuang Skripsi..

Komputer pertama kali diciptakan dengan ukuran yang sangat besar, hingga mecakup satu ruangan besar, dengan berat hingga satu ton lrbih. Dan Perangkat keras jaman dulu, jauh berbeda seperti yang kita gunakan saat ini, baik dari CPU (Central Processing Unit) atau Monitor dan lain sebagainya…

Komputer jaman dulu, tidak bisa dibawa kemana – mana (Portable) dan hanya menetap pada satu ruangan saja. Namun semenjak perkembanga jaman, komputer saat ini disulap agar mudah dibawa kemanapun atau dipakai dimanapun, dengan design yang mewah serta tampilan sistem operasi (OS) yang lebih user friendly, dengan nama lain yaitu Laptop..

Laptop dan Komputer mempunyai Manfaat yang sama, tapi tidak untuk pengertian dan definisinya, karna kedua perangkat keras tersebut, berbeda baik dari segi fisik atau Hardware (Perangkat Keras)..

Dan, Berikut Rangkuman dari Pengertian Komputer yang harus kamu ketahui..

Definisi atau Pengertian Komputer Menurut Para Ahli & Secara UMUM

Definisi atau Pengertian Komputer Menurut Para Ahli & Secara UMUM

Seperti biasa, setiap artikel yang saya ulas pada website ini saya kutip dari sumber terpercaya (Wikipedia), Lalu saya rangkum supaya mudah dibaca dan dipahami, baik itu untuk pelajar/mahasiswa dll..

Kata Komputer diambil dari bahasa Yunani yaitu Computare yang berarti Hitung atau Menghitung

Pada awalnya, kata (Komputer) dipakai untuk menggambarkan orang yang melakukan pekerjaan perhitungan aritmetika, baik dengan ataupun tanpa alat bantu, tetapi kemudian kata “komputer” ini dipindahkan kepada mesin/alat hitung itu sendiri.

Pengertian Komputer Secara Umum

Kata computer secara umum (jaman dulu)

Komputer pernah didefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan memakai alat atau tanpa bantuan alat..

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.

Kata computer secara umum (jaman sekarang) 

Menurut KBBI , komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb) , biasanya terdiri atas “unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan”.

Dalam arti yang lebih luas, Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang terdiri dari

“komponen-komponen yang saling bekerja sama satu sama lain untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan data yang ada”

Adapun komponen-komponen yang dimaksud adalah CPU, Monitor sebagai komponen-komponen utama. serta Mouse, Keyboard, Printer sebagai komponen-komponen pendukungnya.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

beberapa ahli memberikan definisi yang berbeda dari definisi diatas, diantaranya :

Menurut Elias M.Awad Komputer adalah : 

“sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan analog.”

Menurut Robert H.Blissmer Komputer adalah :

“suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima dan memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan ouput dalam bentuk informasi.”

Menurut Donald H.Sanders komputer adalah :

“sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat yang dengan otomatis menerima,menyimpan dan memproses data input, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu sistem operasi yang tersimpan di dalam penyimpanannya.”

William M.Fuori berpendapat bahwa pengertian dari komputer adalah :

“suatu alat proses data yang bisa melakukan perhitungan besar dengan cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa ada campur tangan manusia.”

Menurut Larry & Nancy Long, komputer adalah :

 “alat hitung elektronik yang mampu melaksanakan perintah program untuk input, ouput, perhitungan dan operasi-operasi logic.”

V.C Hamacher menyatakan pendapatnya tentang definisi dari komputer. Ia berpendapat bahwa komputer merupakan :

“mesin penghitung elektronik yang dengan cepat mampu menerima informasi input digital , memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dan menghasilkan ouput informasi.”

Pendapat ahli terakhir yang akan Webmobile berikan adalah pendapat dari Jhon J.Longkutoy. Ia berpendapat bahwa komputer adalah :

“suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan/atau sebuah mesin pengolah data yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan untuk user/penggunanya”

Itulah beberapa Pengertian Komputer Menurut Para Ahli.

Dari ketujuh pendapat ahli diatas, Webmobile simpulkan bahwa :

“komputer itu merupakan alat untuk memproses data dan menghasilkan ouput berupa informasi yang berguna untuk para pemakainya”.

Rangkuman

Kamu bisa mengambil kesimpulan menurut ide kreatif kamu tentang definisi diciptakan nya komputer, baik dengan mengutip salah satu definisi yang dibuat para ahli diatas, supaya bisa mengartikan kata komputer agar lebih luas pemahamannya..

Jika kamu ingin membaca sejarah tentang perkembangan komputer silakan ikuti tautan berikut Sejarah Komputer dan Perkembangan dari Generasi 1 – 5 (Lengkap)

Saya kira cukup sampai disini tentang Definisi atau Pengertian Komputer Menurut Para Ahli & Secara UMUM..

Check Also

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu  – Banyak orang sekarang memiliki dua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *