Home / Galaxy A5 All Series / Panduan Cara Flashing Samsung A5 2015 SM-A500F Via Odin

Panduan Cara Flashing Samsung A5 2015 SM-A500F Via Odin

Bagaimana Cara Flashing Firmware Samsung Galaxy A5 2015. Melakukan Install Ulang Samsung A5 SM-A500F Bisa di lakukan dengan 2 metode, yaitu Hard Reset via Recovery dan Flash Firmware via Odin.

Ngomon – ngomong soal firmware beberapa waktu yang lalu saya sudah menyiapkan firmware bahasa indonesia untuk pengguna Samsung A5 SM-A500F, nah, yang membuat pengguna bingung bagiamana cara flash ulang menggunakan rom yang sudah kamu download..?

Sebenarnya tutorial cara install ulang samsung a5 2015 bisa kamu lihat pada tutorial yang berserakan di Google, namun tidak banyak pengguna yang dibuat bingung dengan cara yang di sampaikan penulis artikel tersebut, karna tidak sedikit tutorial yang dibuat hanya sekedar tulisan yang sebenarnya sulit dipahami.

Tapi, Disini kamu bisa melihat tutorial yang saya buat secara detail dan insyaallah mudah di pahami bagi seluruh kalangan, oleh karna itu jangan lupa untuk terus kunjungi website Webmobile.id. Baiklah kembali ke topik, penyebab paling sering mengakibatkan device samsung harus melakukan Flash adalah mengalami bootloop / gagal booting / Brick.

Terus bagaimana cara mengatasi samsung a5 sm-a500f yang bootloop / brick, berikut tutorial cara flashing nya;

Panduan Flash Samsung Galaxy A5 2015 SM-A500F

Seperti biasa sebelum kamu masuk ke langkah flashing silakan baca Syarat dan Ketentuan yang sudah saya buat di bawah ini;

Syarat Dan Ketentuan

  • Wajib Backup;
  • Batrai Wajib Diatas 50%;
  • Cek Seri Nomor Model

Note : Jika terjadi sesuatu seperti (Bricked, FoftBrick, Bootloop) setalah melakukan Flashing, Rooting atau yang berhubungann dengan tutorial yang kami berikan, Kami akan mencoba sekuat tenaga kami untuk menyelesaikan masalah pada smartphone anda. Karna seluruh artikel yang di tulis di Webmobile.id Kami dapatkan dari beberapa sumber Terpercaya dan kami tulis kembali dalam bahasa yang lebih santai dan mudah di mengerti;

Bahan

Langkah Flash Samsung A5 2015 Via Odin

Jika firmware yang kamu download masih ber-ekstensi (.zip) silakan kamu Ekstrak terlebih dahulu dengan aplikasi Winrar, sampai kamu mendapatkan berkas yang ber-ekstensi (.md5).

Langkah 1. Install Samsung USB Driver pada PC/Laptop kamu, download driver samsung galaxy di link berikut https://developer.samsung.com/

Ekstrak file yang sudah kamu download tadi, Kemudian jalankan file Samsung-USB-Driver-xxxx.exe dengan Runs administrator.

cara flash firmware samsung a5 sm-a500f indonesia

Kemudian Klik Next, pilih Bahasa yang kamu mengerti dan pilih negara tempat kalian tinggal.

cara flash firmware samsung a5 sm-a500f indonesia

Klik Install.

cara flash firmware samsung a5 sm-a500f indonesia

Tunggu sampai proses install selesai.

cara flash firmware samsung a5 sm-a500f indonesia

Langkah 2. Matikan Device kamu, kemudian nyalakan kembali sambil menekan dan tahan Vol Down + POWER + HOME Secara bersamaan, nanti ponsel kamu akan masuk ke Download mode, nanti akan muncul ketentuan tekan saja Vol UP untuk melanjutkan masuk ke mode Download;

cara flash firmware samsung a5 indonesia

Langkah 3. Jika sudah berhasil masuk mode Download, Hubungkan Device kamu ke PC/Laptop menggunakan Cable USB Original/Berkualitas baik.

Langkah 4. Jalankan Odin dengan Run as administrator;

»Caranya Klik kanan pada Odin.exe, pilih Run as administrator;

cara flash firmware samsung a5 indonesia

Langkah 5. Pastikan Samsung Galaxy A5 kamu tersambung dengan sempurna, Lihat bilah Log pada ODIN jika muncul pesan “Added” berarti devices kamu sudah tersambung dengan baik, Namun jika pesan “Added” tidak muncul, Silakan install kembali samsung USB Driver / Ganti Cable USB yang berkualitas baik;

cara flash firmware samsung a5 indonesia

Langkah 6. Kemudian Buka tab Option pada ODIN, Centang pada Auto Reboot dan F-Reset Time, selain itu jangan ada yang di centang, supaya tidak menimbulkan masalah;

cara flash firmware samsung a5 indonesia

Langkah 7. Jangan lupa untuk Ceklis AP. lanjutkan dengan tekan AP lalu arahkan ke hasil ekstrakan firmware samsung_a5_2015(.md5).., pastikan terlebih dahulu bahwa File tersebut ber-ekstensi (.md5).

cara flash samsung a5 2015 indonesia

Langkah 8. Langkah terakhir Klik tombol Start untuk memulai proses flash samsung A5 kamu.

Langkah 9. Tunggu beberapa saat sampai ada pesan bertuliskan PASS, dengan pesan all threads completed. (Succeed 1 / Failed 0) itu tandanya devices sudah ter-install ulang dengan firmware nougat…

cara flash samsung a5 2015 indonesia

Langkah 10. Jika sudah selesai, Otomatis device kamu akan reboot dengan sendirinya, Cabut USB dari Smartphone.

Selesai;

Catatan : Apa bila proses Booting tidak kunjung selesai / Stuck pada Logo, Saya pastikan ponsel kamu mengalami bootloop, Tapi tenang saja, karna saya sudah membuatkan tutorial cara atasi bootloop tanpa melakukan Flashing dengan Odin.

Cara Mengatasi Bootloop Setelah Flash firmware Samsung

Pastikan batrai samsung galaxy a5 kamu masih lebih dari 50%, jika kurang dari itu, Silakan Charger terlebih dahulu, Supaya nanti ketika proses Factory Reset tidak mati kehabisan batrai.

Langkah 1. Jika ponsel masih stuck pada logo samsung, silakan tekan dan tahan Power sampai ponsel mati.

Langkah 2. Kemudian masuk ke Recovery Samsung dengan menekan dan tahan Vol Up + Power + Home secara bersamaan.cara flash samsung a5 2015 indonesia

Langkah 3.. Pilih wipe data / factory reset, Arahkan dengan tombol Volume dan tombol Power untuk memilih.

cara flash samsung a5 2015 indonesia

Langkah 4. Kemudian pilih Yes — delete all user data.

cara flash samsung a5 2015 indonesia

Langkah 5. Tunggu beberapa saat sampai proses Reset Factory selesai, Jika sudah pilih Reboot system now.

cara flash samsung a5 2015 indonesia

Selesai;

Sampai disini proses upgrade samsung sudah berhasil, jika kamu belum tau cara melihat software update pada pengaturan silakan simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Gagal Flashing (Odin Stuck)

Biasanya Stuck saat flash pada Odin di pengaruhi beberapa factor yang menyebabkan ODIN tidak bisa berjalan dengan maksimal, berikut cara mengatasinya :

  1. Ganti Cable USB dengan USB Original yang berkualitas.
  2. Ganti PC / Laptop, Minimal Windows 7 (32bit / 64bit)
  3. Hilangkan Ceklis pada Re-partition.
  4. Reboot Computer.
  5. Cabut SD Card dari Smartphone.
  6. Ganti versi Odin, dengan versi terbaru.

Sekian Panduan Cara Flashing Firmware Samsung A5 SM-A500F Via Odin

Trimakasih;

Check Also

Cara install / Pasang TWRP dan Root Samsung J2 Pro 2018 SM-J250F Nougat

Cara Pasang TWRP + Root Samsung J2 Pro 2018 SM-J250F Nougat

Cara Pasang TWRP + Root Samsung Galaxy J2 Pro 2018 SM-J250F Nougat – Hallo, semua pengguna …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *