Home / Internet / 10 Manfaat Jaringan Komputer Untuk Masyarakat UMUM

10 Manfaat Jaringan Komputer Untuk Masyarakat UMUM

Selamat datang mahasiswa TI, kamu mau cari tau tentang Manfaat Jaringan Komputer Untuk Masyarakat UMUM, yup disini adalah tempat paling pas untuk kamu yang ingin tau lebih lanjut dari manfaat Jaringan Komputer yang selama ini kamu pakai, Saya akan berusaha mengulas secara lengkap dan detail, yang saya rangkum dari sumber terpercaya.

Setiap kita akan membuat sebuah Teknologi, pasti kita akan menghitung kegunaan/manfaat, yang kita atau orang lain dapatkan dari Teknologi tersebut, sebelum kita memulai membuatnya.

Sama halnya dengan Teknologi Jaringan, Sebelum kita akan Meng-Aplikasikan sebuah jaringan ke perangkat komputer, pasti kita akan mempertimbangkan terlebih dahulu, dari segi manfaat, kegunaan, keuntungan, dll.

Manfaat Jaringan Komputer sendiri sudah bisa dirasakan sekarang ini, baik itu untuk Pengguna Umum atau Organisasi, Selain itu manfaat paling terasa, adalah membantu atau mempermudah sekaligus mempercepat ketika kita bekerja didepan komputer.

Baca Juga 

Berikut Manfaatnya…

Kegunaan dan Manfaat Jaringan Komputer Bagi Pengguna UMUM

manfaat jaringan komputer bagi / secara / untuk masyarakat UMUM dan organisasi / prusahaan

Maanfaat yang paling dirasakan Pengguna UMUM dengan adanya jaringan komputer, di kehidupan mereka adalah mudahnya menjalin suatu hubungan dengan orang lain, yang berada sangat jauh dari mereka dan itu semua bisa dilakukan karna ada Internet.

Surat Elektronik Atau Email

Manfaat yang pertama dari adanya Jaringan Komputer untuk pengguna Umum atau masyarakat Umum, adalah surat Elektronik atau kalo sekarang di sebut Email, Hampir semua pengguna internet mempunya Email pada Smartphone, Computer atau Laptop mereka, dengan adanya Email kita tidak perlu lagi bolak-balik kantor Pos untuk melihat apakah ada surat atau tidak.

Email sendiri di buat untuk mempercepat pengiriman Data atau sebuah File kecil dari Komputer satu ke Komputer lainya.

Contoh File Yang Bisa dikirim dengan Email:

  • Foto
  • Surat / Pesan Sinkat
  • Lamaran kerja
  • File “tar” “zip” dll.

Social Media

Untuk kamu Mahasiswa Jurusan TI dan kamu tidak mengenal Social Media, sebaiknya kamu pilih jurusan lain, Yap, hampir seluruh Orang di Dunia pasti mengenal Social Media (Sosmed) kecuali orang yang terlahir pada tahun 1945, mereka hanya tau perang dunia nyata dan belum mengerti seberapa kejam perang dunia online.

Sosial Media adalah salah satu produk paling unggul yang berada pada jaringan komputer, bagaimana tidak, bahkan sekarang anak yang berusia di bawah 10 tahun sudah mempunyai akun (Sosmed) nya sendiri, Sekarang sosial media menjadi kebutuhan pokok bagi beberapa orang untuk Bersosialisasi, Menambah Teman, Menambah wawasan, dll.

Dengan adanya sosial media banyak Masyarakat Umum yang terbantu dari segi Ekonomi sampai Kedudukan, sekarang banyak Aplikasi (Sosmed) yang bertebaran di Internet dan bisa kamu gunakan secara gratis pada Smartphone atau Komputer.

Contoh apa keuntungan sosial media bagi Masyarakat;

  • Menambah teman
  • Menambah Wawasan
  • Manambah Ilmu dll..

Chat / Pesan Singkat

Manfaat ketiga dari Jaringan Komputer ialah Chat, Chatting bukan berarti SMS, Jaman 2018 Chat adalah kebutuhan pokok bagi seluruh Masyarakat dari kalangan paling bawah, sampai kalangan atas, Chatting sendiri memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan SMS.

Sekarang fitur message, bisa dibilang hampir di tinggalkan pengguna Smartphone, karna beralih ke Chatting dengan biaya yang lebih murah ketika mengirim Pesan ataupun Vidio.

Sekarang melakukan Chatting bisa dilakukan dimana saja, menggunakan Smartphone, Komputer, cukup koneksikan saja pada Jaringan Komputer dan kamu bisa malakukan Chatting sepuasnya.

Forum atau Grup Diskusi

Salah satu manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari hari dan yang paling sering di gunakan secara umum adalah Forum diskusi, Yup, Bagi sebagian orang yang mempunyai ketertarikan akan sesuatu hal, mungkin dia akan masuk ke forum tersebut.

Contoh sederhana, saya sangat menyukai teknologi, Maka saya akan masuk forum bertema tekno agar saya lebih bisa mengenal teknologi secara mendalam, dan bisa menambah ilmu atau pengalaman dari orang lain.

E-Commerce atau Jual Beli Online

Sekarang ini banyak sekali situs jual beli online yang di manfaatkan masyarakat umum agar mempermudah dan mengamankan transaksi mereka.

Sama seperti media sosial, namun dari segi pemanfaatan jaringan, E-Commerce sekarang jauh lebih bisa memberi manfaat terasa bagi banyak orang.

Contoh sederhana, Sebelum ada E-Commerce, banyak masyarakat yang harus pergi jauh untuk membeli suatu barang yang di inginkan, Setalah adanya E-Commerce sekarang semua jadi sangat mudah kamu hanya butuh Jaringan Internet dan satu klik untuk mendapatkan barang idaman.

Mencari informasi

Mencari sebuah Informasi tentang hal yang kamu butuhkan, itu semua adalah funsi sebagian dari adanya jaringan komputer, Manfaatnya hampir sama seperti Forum diskusi atau Sosial Media, namun mencari informasi yang lengkap tidak bisa kamu temukan di sosial media ataupun forum.

Contoh, Saya seorang mahasiswa jurusan TI, saya ingin mencari informasi tentang manfaat jaringan komputer di sebuah forum atau socmed dan disana hanya ada penjelasan singkat tentang informasi yang saya cari.

Kemudian saya mencari lagi di search engine dan saya menemukan informasi yang saya inginkan secara lengkap dan detail.

Search Engine tidak lain adalah Google, Yandex, Bing, dll.

Update Berita Terkini dari Seluruh Dunia

Pada jaman sekarang ketinggalan Update Berita bisa di bilang orang yang jadul, mencari berita bisa dilakukan dimana saja, seperti Forum, Sosial media, Search Engine.

sekarang mencari berita ataupun informasi hanya butuh jaringan internet, kemudian masuk ke berbagi portal berita yang ada pada saat ini tanpa harus menonton TV atau membaca koran, Cukup sekali klik saja kamu bisa membaca berita dari seluruh dunia.

Internet

Internet dengan jaringan komputer itu berbeda, saya katakan bahwa internet terlahir dari jaringan komputer, Dulu sebuah hp bukan smartphone, hanya bisa bergantung pada jaringan telekomunikasi dengan akses yang sangat kurang memadai.

Namun setelah jaman sudah berkembang jaringan internet pun muncul berkat jaringan Komputer, sekarang Internet bisa di akses oleh siapapun dan dimanapun.

Dengan adanya Internet Masyarakat, sangat terbantu dari segi apapun, Dulu untuk berhubungan dengan orang yang berada luar negri, kita hanya bisa menggunakan Teknologi Telekomunikasi yang terbatas, dan sekarang kamu bisa menikmati semua itu jika Smartphone atau Laptop kamu terhubung pada jaringan Internet.

Dulu internet hanya ada di kota kota besar namun sekarang, kalian bisa menikmati fungsi jaringan tersebut di semua tempat yang ada di dunia, kecuali ada tempat-tempat tertentu yang belum bisa di jangkau oleh internet.

Video call

Sekarang vidio call lebih sering digunakan masyarakat kalangan umum dari pada telphone dengan suara, sebab kita hanya perlu terhambung pada jaringan internet dan kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang, termasuk orang tersayang.

Menggunkan Vidio Call bisa kamu lakukan dimana saja, Jika ponsel pintar kamu sudah terhubung pada Internet.

Mengunakan Vidio Call lebih menguntukan dari pada menelphone, karna Vidio Call lebih murah dan bisa di andalkan ketimbang Telphone dengan biaya yang sangat mahal, apalagi jika orang yang ingin kita hubungi berada di luar negri.

Main Game

Pasti banyak Orang yang tidak terima kenapa Bermain Game masuk ke Daftar Manfaat Jaringan Komputer, Jaman sekarang bermain Game Multiplayer sangat di gemari kalangan anak muda sampai orang tua.

Dan Untuk menyambungkan antara Player 1 dengan Player lain kita butuh jaringan Internet seperti LAN, supaya kita bisa bermain bersama dengan orang terdekat sampai orang yang ada di luar negri.

Hal ini sangat menguntungkan bagi sebagian orang yang hobi bermain game Multiplayer yang harus terkoneksi internet.

Baiklah saya kira cukup sampai disini untuk bembahasan tentang Manfaat serta Fungsi dari jaringan Komputer untuk UMUM.

Jangan Lupa untuk berkomentar | Trimakasih

Check Also

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network) – VPN atau kepanjangan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *