Home / Komputer / Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu  – Banyak orang sekarang memiliki dua device utama, selain smartphone, lainnya adalah laptop. Kalau bertahun-tahun lalu banyak orang memilih PC karena lebih terjangkau, tetapi sekarang laptop lebih banyak dipilih untuk bekerja, karena sifatnya yang portable, mudah dibawa kemana-mana.

Karena sudah digunakan masal, laptop baru dengan harga 2 juta-an dan brand global resmi pun mudah ditemukan sekarang. Dulu laptop hanya digunakan kebanyakan oleh pekerja kantoran, sekarang ini dari pelajar tingkat SD/SMP hingga Mahasiswa sudah banyak yang menggunakannya untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Belum lagi sekarang di era internet, banyak orang yang bisa bekerja dari mana saja, tidak perlu harus berada di kantor. Bisa bekerja di rumah, co-working space, cafe, hingga di taman.

Sebagian perusahaan, terutama yang bergerak di bidang IT, bahkan di kantornya sekarang tidak menyediakan PC. Mereka kebanyakan sudah mengadopsi prinsip BYOD (Bring Your Own Device).

Perusahaan IT besar sekelas Microsoft sekalipun, jika kita mampir ke kantor nya, di meja-meja yang disediakan untuk staff, hanya tersedia layar monitor saja, semua pekerja (yang tidak perlu hadir tiap hari), hanya perlu membawa laptop sendiri, dan bisa menggunakan monitor tersebut sebagai layar lebih besar saja untuk bekerja. Selesai bekerja di kantor, laptop tinggal dibawa lagi untuk bekerja di luar kantor atau di rumah.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Berbeda dengan smartphone yang umumnya umur penggunaannya lebih pendek karena para penggunanya merasa butuh segera mengganti ketika ada model baru, laptop cenderung lebih lama kita gunakan. Karena penggunaannya yang cenderung lebih lama, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memilih laptop, agar pilihan kita bisa lebih sesuai.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Jika kamu seorang mahasiswa Laptop apa yang pass buat kamu..? Jika kamu kamu seorang pekerja laptop apa yang sesuai dengan kamu…? Dan jika kamu seorang Gamers, Progrmers, Editing bagaimana Memilih Laptop yang sesuai dengan profesi kamu…?

Pada Tips ini saya akan memberikan penjelasan dengan detail bagaimana Memilih laptop yang berkualitas baik untuk seorang Mahasiswa, Pelajar, Seni, Programmer, Game, atau untuk Edit Vidio/Foto

Berikut Tips dari saya sendiri..

1. Layar dan Ukuran

Sekarang kebanyakan laptop sudah berukuran lebih tipis, salah satunya karena slot pembaca disk atau CD/DVD sudah tidak banyak lagi digunakan, dan beberapa port dengan bermacam-macam fungsi yang berbeda sudah disederhanakan.

Layar berkuran besar, cenderung nyaman untuk bekerja karena besar, dan layar berukuran kecil cenderung lebih portable atau mudah di bawa.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

 

Layar berukuran besar juga cenderung lebih boros baterai dan lebih berat. Jadi perhatikan kebiasaan kita, jika kita cenderung banyak bekerja di luar dan berpindah-pindah, laptop dengan layar ukuran kecil lebih mudah dibawa. Jika kita lebih banyak stasioner bekerja di kantor atau di rumah, dan bepergian cukup menggunakan smartphone, layar besar bisa menjadi pilihan.

Layar berukuran kecil ini biasanya dihitung dari layar dengan ukuran 13 inci ke bawah (ukuran layar dihitung secara diagonal), dan layar berukuran besar biasanya 15 inci ke atas.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Selain ukuran layar perhatikan juga resolusi. Biasanya layar laptop beresolusi HD, Full HD, dan versi hi-end ada yang beresolusi 4K. Semakin besar layar tetapi resolusi-nya rendah, gambar akan terlihat lebih pixelated, atau kita bisa melihat titik pixel.

Misalnya layar 15 inci dengan resolusi HD (1366 x 768) akan lebih pixelated dibanding layar 13 inci dengan resolusi yang sama.

Layar besar ini enak digunakan untuk pengguna office terutama excel, Programmer, Design, para pengedit foto/video, dan gamers. Hanya saja untuk melihat barisan kolom excel yang lebih banyak, semakin besar resolusi, semakin memungkinkan kolom ditampilkan lebih banyak dengan huruf dan angka yang terbaca baik.

Bagi mereka yang akan menggunakan laptop lebih serius untuk mengedit foto, atau bekerja grafis, resolusi layar yang lebih tinggi sangat disarankan.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Berbagai laptop modern sekarang ini juga dilengkapi dengan layar dengan teknologi sentuh, termasuk bisa digunakan dengan digital pen / stylus. Pengguna kasual mungkin tidak terlalu membutuhkan teknologi ini, tetapi mereka yang banyak berurusan dengan desain grafis dan pimpinan yang memerlukan tandatangan secara digital dan memberikan koreksi atas laporan, bisa menikmati kelebihannya.

Ada juga laptop dengan layar sentuh yang detachable, atau bisa dilepaskan dari keyboardnya dan berfungsi seperti tablet, cocok untuk mereka yang banyak melakukan presentasi langsung depan klien, menggunakannya untuk menggambar, atau menginginkan laptop yang sekaligus berfungsi sebagai tablet.

2. Dapur Pacu / Prosesor

Sampai sekarang ada dua brand prosesor yang umum digunakan pada laptop, Intel dan AMD. Tidak lama lagi juga kita akan menemukan laptop dengan prosesor smartphone berbasis ARM, seperti yang sudah diumumkan Qualcomm dengan Snapdragon.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Bagi pengguna kasual, yang biasa bekerja standar lebih banyak di web, office, prosesor yang dibutuhkan tidak perlu terlalu kencang. Berbeda dengan mereka yang akan berurusan dengan olah grafis yang serius seperti photoshop, Design, CAD, atau mengolah video, membutuhkan prosesor yang lebih bertenaga.

Jika kita mengambil contoh prosesor dari Intel seperti i3, i5, dan i7, mungkin akan menemukan laptop dengan prosesor i5 yang sama tetapi berbeda harga dan kinerja. Walaupun penamaannya sama, kita harus memperhatikan juga generasi ke berapa prosesor tersebut, semakin baru generasinya, semakin baik kinerjanya dan tentu juga harganya.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Misalnya generasi ke 6 akan disebut Sandy Bridge, generasi ke 7 Ivy Bridge, ke 8 Haswell dan seterusnya. Hal yang sama, generasi prosesor juga harus diperhatikan pada prosesor AMD. Bukan hanya macam pekerjaan yang membutuhkan prosesor dengan kinerja tinggi, para gamer serius adalah salah satu pengguna prosesor dengan kinerja kelas atas.

Baca Juga : Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau Komputer Anda Dengan Mudah

3. RAM / Memori

Rata-rata sekarang laptop dijual dengan RAM minimal 4GB. Beberapa laptop sudah datang dengan RAM 8GB, bahkan laptop hi-end sekarang mudah ditemukan dengan RAM 16GB.

Mudahnya, semakin besar RAM semakin banyak multitasking atau banyaknya aplikasi bisa jalan bersamaan. RAM yang besar juga diperlukan untuk aplikasi pengolah grafis atau video editing dan game-game 3D yang berat.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

RAM ini juga tidak hanya bergantung ukuran besarnya, tetapi juga typenya. Yang umum digunakan sekarang DDR3 dan DDR4.

DDR4 yang lebih baru akan memberikan kinerja lebih baik. Jadi tergantung jenis pekerjaan kita, besaran RAM ini harus diperhatikan.

Ada laptop yang memiliki slot lebih untuk ditambahkan RAM, sehingga kita bisa menambahnya dikemudian hari, ada yang hanya single slot, sehingga kita harus menggantinya, yang terkadang RAM bekasnya entah harus dikemanakan, dan ada pula RAM nya sudah paten terpasang di motherboard dan tidak bisa diganti.

Baca Juga : Jenis-Jenis RAM Yang Harus Anda Ketahui (Dengan Gambar)

4. Kartu Grafis.

Selain CPU prosesor, satu lagi yang penting untuk membantu kinerja kerja laptop adalah kartu grafis. Kebanyakan laptop standar, tidak memiliki kartu grafis terpisah, tetapi sudah menjadi bagian dari prosesor.

Misalnya Intel HD 3000 graphic, sudah bagian grafis dari Intel Sandy Bridge. Grafis bawaan prosesor ini cukup untuk penggunaan kasual sehari-hari.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Untuk pengguna laptop yang melakukan pekerjaan lebih berat seperti editing foto atau video, apalagi bermain game, biasanya membutuhkan kartu grafis dedicated atau terpisah. Biasanya kartu grafis ini buatan NVIDIA atau Radeon. Kartu grafis dedicated seperti ini juga banyak tingkatannya, tetapi secara umum kartu grafis dedicated sangat membantu kinerja laptop.

5. Baterai

Laptop baru sekarang kebanyakan sudah menggunakan baterai tanam yang tidak mudah dilepas pasang, seperti laptop jaman dulu. Salah satu alasannya karena laptop sekarang dibuat dengan bentuk lebih tipis, dan baterai internal bisa tersebar di beberapa bagian body laptop.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Tidak seperti smartphone yang memberikan angka kapasitas baterai, seperti 4000 mAh, baterai laptop kebanyakan dalam satuan Watthour Wh, jadi misalnya 4 cell, 41wh. Sebenarnya kita bisa mengkonversinya ke mAh asal mengetahui voltage nya.

Untuk kinerja baterai, biasanya laptop yang lebih tipis dan premium atau hi-end memiliki daya tahan baterai yang lama, dibanding laptop standar. Daya tahan baterai ini juga sangat tergantung kita menggunakan laptop untuk aplikasi apa, tingkat kecerahan layar, dan apakah ada peripheral lain yang menyambung ke laptop, misalnya hard disk eksternal atau smartphone.

Rata-rata laptop standar daya tahan baterainya 3-4 jam untuk menyala terus, dan laptop hi end bisa 9-10 jam. Pada beberapa laptop hi-end, sekarang juga sudah mendukung fast charging.

6. Storage

Storage atau biasa disebut hard disk, terdiri dari 2 macam pada laptop. Kebanyakan laptop standar menggunakan hard disk yang memang didalamnya masih berbentuk piringan, sementara laptop yang lebih atas sudah menggunakan SSD, atau solid state drive. Kedua macam storage ini berbeda dalam kecepatan kinerja, dengan SSD lebih cepat.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Biasanya laptop dengan hard disk bisa kita ganti menjadi SSD, tetapi belum tentu kebalikannya, karena hard disk membutuhkan lebih banyak ruang.

SSD ini harganya masih mahal, biasanya laptop dengan SSD rata-rata berukuran hanya¡ (128 – 256 GB). Sementara laptop standar yang menggunakan hard disk minimal sudah 500 GB.

Kapan memilih HDD atau SSD? Jika dana kita terbatas dan membutuhkan storage dengan ukuran besar, HDD masih pilihan terbaik. Tetapi jika kita membutuhkan kinerja tinggi, SSD pilihan yang lebih tepat karena proses baca tulisnya juga lebih cepat.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Untuk data-data yang besar, biasanya pengguna laptop dengan SSD menyimpannya dalam eksternal hard disk, dan lebih menggunakan SSD nya yang terbatas untuk aplikasi dan data utama. Laptop hi-end dan premium kebanyakan sudah menggunakan SSD, selain untuk kecepatan juga untuk untuk mengejar body yang tipis.

Salah satu saran mudah kita cocok dengan storage tipe yang mana, jika kita orang yang buru-buru menutup laptop tanpa melakukan proses shutdown, dan nanti akan membuka lagi, atau simplenya rajin buka tutup laptop, SSD akan lebih cocok karena tidak ada bagian yang bergerak.

Hard disk membutuhkan proses shutdown yang (proper) untuk menjaga keamanan datanya sebelum laptopnya di bawa-bawa, dan proses bootingnya jauh lebih lama dari SSD.

Baca Juga : Perbedaan RAM Dan ROM Pada Perangkat Komputer

7. OS, Keyboard, dan port.

Tidak semua laptop dijual sudah dengan OS yang sudah terinstall resmi, dalam hal ini Windows. Tentu saja untuk laptop sekarang OS nya sudah Windows 10. Tidak berarti semua pengguna laptop harus menggunakan OS buatan Microsoft ini, karena laptop yang sama juga bisa menggunakan OS lain, misalnya Linux, Chrome, React OS dan lain sebagainya. Tetapi data menunjukkan kebanyakan pengguna akan memilih menggunakan Windows 10.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Jika kita akan menggunakan Windows 10 asli, membeli laptop dengan OS Windows 10 yang sudah pre-install resmi lebih baik, karena biasanya jatuh harga OS nya lebih murah dibanding membelinya terpisah.

Keyboard walaupun terlihat sama saja , tetapi sebenarnya memiliki perbedaan ergonomis. Jarak antar key dan tactile feedback atau klik baliknya menjadi penentu kita bisa mengetik dengan cepat dan nyaman. Tergantung kebutuhan saat kita bekerja, ada keyboard yang memiliki backlit, dan bisa menyala, membantu mengetik di tempat gelap, dan ada yan tidak.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Semakin tipis laptop, semakin banyak port yang ditiadakan. Seringkali ada port yang dibutuhkan untuk terhubung dengan peripheral lain, misalnya kabel network, hdmi untuk presentasi, dan lain sebagainya, yang belum tentu ada pada laptop-laptop yang mengejar bentuk yang tipis yang biasanya dengan ketebalan hanya 1cm lebih.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Seringkali port ini jika masih dibutuhkan kita bisa membeli converternya, hanya seaja jika terlalu banyak converter, selain terlihat berantakan, juga cukup merepotkan.

Nah, saya kira sampai disini, Tips memilih Laptop untuk seluruh kalangan sudah selesai, dan semoga artikel diatas bisa membuat kamu berfikir dua kali sebelum membeli laptop….

Sekian Tips Memilih Laptop Berkualitas Baik Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Check Also

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap – Tahun ini bisa dikatakan Internet adalah suatu …