Home / Internet / Pengertian, Jenis Dan Fungsi Framework Untuk Pemrograman

Pengertian, Jenis Dan Fungsi Framework Untuk Pemrograman

webmobile – Pengertian, Jenis Dan Fungsi Framework. Untuk anda yang sudah malang melintang di dunia pemrograman, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah framework. Tetapi saya yakin masih banyak juga orang yang belum tahu bahkan belum pernah mendengar sama sekali tentang istilah framework ini.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini webmobile akan coba menjelaskan tentang pengertian framework beserta fungsinya,

Pengertian FrameworkPengertian Jenis Dan Fungsi Framework

Framework adalah sebutan untuk sebuah kerangka kerja yang digunakan para developer aplikasi atau software untuk mempermudah mereka dalam membuat maupun mengembangkan sebuah software atau aplikasi. Framework sendiri berisikan fungsi dasar dan perintah yang lazim dipakai untuk membuat dan mengembangkan sebuah software atau aplikasi, dengan harapan aplikasi yang dibuat bisa dibangun secara lebih terstruktur, lebih cepat serta lebih tersusun dengan cukup rapi.

Framework juga bisa dikatakan sebagai ‘komponen-komponen’ dari pemrograman yang sudah siap digunakan kapan saja alias sudah jadi, sehingga para developer alias pengembang aplikasi tidak mesti membuat script yang sama lagi dalam melakukan tugas – tugas yang sama.

Jenis Framework

Dalam dunia pemrograman, ada dua jenis Framework yaitu Desktop Framework dan Web Framework, masing-masing jenis framework tersebut memiliki fungsi yang berbeda, Web Framewok digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web. sedangkan Desktop Framewok digunakan untuk membangun aplikasi berbasis desktop.

Pada Desktop Framework, program atau aplikasi yang dijalankan tidak berjalan langsung pada hardware komputer melainkan berjalan dilingkungan software (perangkat lunak) dengan memanfaatkan Common Language Runtime (CLR).

Begitupun dengan aplikasi yang dibangun dengan menggunakan Web Framework, program atau aplikasi terlebih dahulu diproses oleh core, tidak langsung dieksekusi oleh web server.

Secara umum Framework tersusun dengan struktur MVC ( Model View Controller ) yang memungkinkan pengembang dapat mengelompokan fungsi – fungsi seperti fungsi inputan, proses dan output dari sebuah aplikasi. Bagaimana dari sini sobat komputer pastinya sudah memahami apa itu Framework.

Beberapa contoh Framework yang ada di dunia pemrograman :

  • Contoh Framework aplikasi berbasis desktop : JavaFx, Net. Framework, Electron dan lain sebagainya.
  • Contoh Framework aplikasi berbasis website : SymfoniYii, Code Igniter, Meteor Phalcon dan lain sebagainya.

Fungsi Framework

Dalam penerapannya di dunia pemrograman, framework memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Mempercepat proses pembuatan aplikasi baik itu aplikasi berbasis desktop, mobile ataupun web.
  • Aplikasi yang dihasilkan menjadi lebih stabil dan handal, hal ini dikarenakan Framework sudah melalui proses uji baik itu stabilitas dan juga kehandalannya.
  • Memudahkan para developer dalam membaca code program dan lebih mudah dalam mencari bugs.
  • Mempermudah developer dalam mendokumentasikan aplikasi – aplikasi yang sedang dibangun.
  • Membantu para developer dalam perencanaan, pembuatan dan pemeliharaan sebuah aplikasi.
  • Memiliki tingkat keamanan yang lebih, hal ini dikarenakan Framework telah mengantisipasi cela – cela keamanan yang mungkin timbul.

Itulah ulasan mengenai Framework yang bisa webmobile berikan, meliputi Pengertian, Jenis Dan Fungsi Framework di dalam dunia pemrograman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Terima Kasih – webmobile.

Check Also

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap – Tahun ini bisa dikatakan Internet adalah suatu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *