Home / Jaringan Komputer / Pengertian OSPF (Open Shortest Path First) Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian OSPF (Open Shortest Path First) Kelebihan Dan Kekurangannya

webmobile – Pengertian OSPF (Open Shortest Path First) Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya. Pada artikel kali ini, webmobile akan membahas salah satu jenis protokol routing yang bernama OSPF (Open Shortest Path First). Apa itu OSPF? Kelebihan dan kekurangannya apa ya? Yuk simak artikel berikut ini :

Pengertian OSPF (Open Shortest Path First)Pengertian OSPF Open Shortest Path First lengkap

OSPF adalah singkatan dari Open Shortest Path First merupakan salah satu protokol routing berjenis IGRP (Interior Gateway Routing Protocol) yang hanya bisa beroperasi atau bekerja di dalam jaringan yang bersifat internal sebuah perusahaan atau organisasi.

Yang dimaksud jaringan internal di sini adalah sebuah jaringan di mana anda masih punya priviledge penuh untuk menggunakan, mengatur atau memodifikasinya. Dengan kata lain, anda masih punya hak administrasi di dalam jaringan tersebut. Apabila anda sudah tidak punya hak untuk mengatu atau memodifikasi jaringan tersebut, maka jaringan tersebut sudah tidak dikategorikan sebagai jaringan internal lagi, namun dikategorikan sebagai jaringan eksternal.

Di samping itu, OSPF juga merupakan sebuah protokol routing yang berstandar terbuka. Artinya, OSPF ini tidak diciptakan oleh vendor manapun. Dengan begitu, siapa saja bisa menggunakannya, perangkat apapun bisa kompatibel dengannya, serta dapat diimplementasikan di mana pun.

OSPF menggunakan konsep hirarki routing, ini artinya jaringan yang routingnya menggunakan OSPF dibagi menjadi tingkatan-tingkatan. Tingkatan-tingkatan jaringan ini diterapkan dengan memakai sistem pengelompokan area.Pengertian OSPF Open Shortest Path First lengkap

Penggunaan konsep hirarki routing seperti ini membuat sistem penyebaran informasi di dalam jaringan menjadi lebih teratur dan tersegmentasi, tidak menyebar dengan sembarangan ke sana ke mari sehingga penggunaan bandwidth di dalam jaringan menjadi lebih efisien, dan penentuan rute-rute terbaik menuju untuk ke lokasi yang dituju menjadi lebih presisi.

Yang biasa menggunakan topologi routing OSPF ini adalah para administrator jaringan yang berskala sedang sampai besar. Jaringan yang di dalamnya terdapat lebih dari sepuluh buah router, dengan banyak lokasi remote network yang terpisah, yang perlu juga dijangkau dari pusat, atau jaringan yang di dalamnya terdapat lebih dari lima ratus pengguna (komputer), sangat pas menggunakan protokol routing ini.

Teknologi yang dipakai oleh OSPF ini adalah teknologi link State yang memang dirancang untuk bekerja secara sangat efisien untuk hal proses pengiriman update informasi rute.

Hal ini lah yang membuat OSPF akan terus dikembangkan hingga menjadi network berskala besar.

Kelebihan OSPF (Open Shortest Path First)

OSPF memiliki kelebihan berikut apabila dibandingkan dengan protokol routing lainnya :

  • Mendukung penggunaan beberapa metrik sekaligus.
  • Tidak menghasilkan routing loop.
  • Membagi jaringan yang besar kedalam beberapa area.
  • Dapat menghasilkan banyak jalur ke suatu tujuan tertentu. (banyak pilihan jalur)
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai satu titik pertemuan lebih cepat.

Kekurangan OSPF (Open Shortest Path First)

Dari 5 kelebihannya, OSPF memiliki dua kekurangan berikut :

  • Butuh basis data yang besar.
  • Cenderung lebih rumit untuk mengimplementasikannya.

Demikianlah artikel webmobile kali ini tentang penjelasan mengenai Pengertian OSPF (Open Shortest Path First) Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasih – webmobile

Check Also

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap – Tahun ini bisa dikatakan Internet adalah suatu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *