Home / Komputer / Pengertian Sistem Operasi Komputer (Operating System) dan Jenisnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer (Operating System) dan Jenisnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer Terlengkap – Hallo pejuang technology, kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang Pengertian Lengkap dari Operating System atau yang biasa kita sebut (OS), Dan, akhirnya saya ada kesempatan untuk menulis artikel tentang Technology Informasi yang sudah lama saya jarang membuat…

Pertama yang perlu kamu ketahui bahwa pada artikel ini, saya tidak menjelaskan tentang jenis Sistem Operasi Komputer seperti yang kamu bayangkan, contoh saya tidak menjelaskan tentang Microsoft Windows,Unix, Linux dan teman – temannya..

Melainkan saya hanya menjelaskan tentang macam – macam Operating System yang tidak kamu ketahui dan itu adalah :

  • Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)
  • Sistem Operasi Berbasis CLI (Command Line Interface).

Saya yakin, bahwa kamu tidak mengenal dua jenis OS diatas, karna pada dasarnya Sistem Operasi dibagi menjadi 2 jenis yang meliputi (perangkat lunak) seperti Microsoft Windows / Linux yang digunakan pada Komputer/Laptop kamu saat ini….

Berikut penjelasan tentang Pengertian dan Jenis Sistem Operasi Komputer…

Pengertian Sistem Operasi Komputer (Operating System) dan Jenisnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer (Operating System) dan Jenisnya

Sebelumnya kamu wajib mengetahui bahwa seluruh ulasan yang saya tulis pada artikel ini, baik itu Pengertian Sistem Operasi (OS) Komputer dan Jenis – jenisnya, saya kutip dari sumber terpercaya seperti Wikipedia dan saya rangkum supaya mudah dibaca dan dipahami…

Tanpa panjang lebar, langsung saja simak artikel berikut ini :

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi atau yang juga sering disebut Operating System atau OS adalah software (perangkat lunak) komputer yang memiliki fungsi sebagai pengotrol dan pengatur perangkat keras serta yang menjalankan aplikasi-aplikasi atau software-software lain di dalam komputer.

Tanpa adanya Sistem Operasi atau apabila Sistem Operasi itu rusak, pengguna tidak akan bisa menggunakan aplikasi maupun program pada komputer mereka, kecuali booting.

Sistem Operasi juga berperan sebagai ‘pengubung’ antara hardware dengan software di komputer dan Sistem Operasi-lah yang menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat dijalankan secara bersamaan.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi pada sebuah komputer memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :

#1. Membuat komputer menjadi lebih mudah saat digunakan, baik untuk pengguna yang baru belajar, serta tampilan yang menarik dan nyaman untuk digunakan oleh penggunanya;

#2. Membuat atau menjadikan sumber daya pada komputer dipergunakan secara efisien;

#3. Memungkinkan menerima perubahan maupun pengembangan baru yang lebih efektif dan efisien dengan tanpa mengganggu layanan yang sudah ada sebelumnya;

#4. Sebagai mediator atau penengah atau penghubung hardware komputer dengan software komputer;

#5. Sebagai wadah mengingat sistem operasi komputer merupakan tempat untuk menginstall suatu aplikasi;

#6. Sebagai penerjemah, sistem operasi menerjemahkan bahasa program untuk kemudian ditampilkan dalam kombinasi teks maupun grafis pada layar monitor;

#7. Menjalankan operasi dasar komputer ;

#8. Sebagai gatekeeper yang mengawasi jalannya fungsi dari suatu program dan memungkin user untuk mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses program tersebut;

#9. Sebagai File Manager atau pengatur file-file yang ada pada komputer seperti membuat dan menghapus file , manipulasi file, dsb..

Pada intinya, Sistem Operasi diciptakan dengan tujuan kenyamanan (membuat pengguna komputer lebih nyaman dalam menggunakan komputer), efisiensi (penggunaan resource/ sumber daya komputer lebih terarah dan terkendali) serta evolusi (memungkinkan dan memudahkan pengembangan dalam terciptanya sistem operasi yang lebih baik lagi).

Jenis Operating System (OS) Komputer

Secara garis besar, sistem operasi dibagi menjadi dua yang berdasarkan interface dengan para pengguna nya yaitu Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface) dan Sistem Operasi Sistem Operasi CLI (Command Line Interface).

Pengertian Sistem Operasi Komputer (Operating System) dan Jenisnya

Berikut ulasan dari kedua jenis sistem operasi komputer tersebut :

1. Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)

Sistem Operasi berbasis GUI adalah jenis sistem operasi yang menggunakan GUI sebagai interface dengan penggunanya.

Pengertian dari GUI (Graphical User Interface) itu sendiri adalah interface pada sistem operasi yang menggunakan tampilan visual (grafis) dan dapat dioperasikan menggunakan berbagai macam alat input seperti keyboard,mouse dan sebagainya.

Pada sistem operasi berbasis GUI ini, terdapat jendela, menu-menu, tombol, icon yang dibuat dengan tujuan supaya pengguna lebih nyaman dan mudah dalam mengoperasikan sistem operasi di komputer mereka, Oleh karena itulah sistem operasi berbasis GUI ini lebih banyak dipakai oleh pengguna komputer pada umumnya.

Kelebihan Sistem Operasi Berbasis GUI :

  • Lebih nyaman dan mudah digunakan (user-friendly)
  • Pemakaian sistem operasi jenis ini cenderung tidak membosankan
  • Karena menggunakan tampilan grafis berupa menu,tombol dan icon, pengguna tidak perlu mengingat barisdan perintah-perintah atau syntax yang memusingkan kepala

Kelemahan Sistem Operasi Berbasis GUI :

  • Rata-rata sistem operasi yang berbasis GUI memiliki harga lisensi yang cenderung mahal
  • Performa yang lumayan berat
  • Membutuhkan spesifikasi hardware komputer yang lebih tinggi dibanding sistem operasi berbasis CLI

Jenis Sistem Operasi Berbasis GUI :

  • Microsoft Windows
  • Unix
  • Linux
  • IBM OS/2
  • Mac OS
  • Free BSD
  • Solaris
  • Google Chrome OS

2. Sistem Operasi Berbasis CLI (Command Line Interface)

Sistem Operasi Berbasis CLI adalah jenis sistem operasi yang menggunakan CLI (Command Line Interface) sebagai interface dengan penggunanya.

CLI (Command Line Interface) adalah tipe interface yang interaksi dengan pengguna nya menggunakan text-terminal.

Di sistem operasi ini, pengguna menjalankan program-program yang ada di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan perintah/code tertentu.

Contoh kode yang digunakan di sistem operasi berbasis CLI adalah mkdir yang digunakan untuk membuat direktori atau folder baru, cd yang digunakan untuk berpindah dari satu direktori ke direktori lainnya.

Kelebihan Sistem Operasi Berbasis CLI :

  • Mudah membuat folder ataupun sub-folder
  • Lebih cepat dalam urusan Mengcopy suatu data atau file
  • Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi
  • Performa lebih ringan sehingga akses nya pun semakin cepat

Kekurangan Sistem Operasi Berbasis CLI :

  • Besarnya resiko kehilangan file apabila terjadi kesalahan ataupun lupa dalam memasukkan kode
  • Tampilan yang tidak user-friendly alias tidak menarik
  • Penggunaannya terbilang cukup rumit karena masih menggunakan perintah atau teks

Jenis Sistem Operasi Berbasis CLI :

  • DOS (Disk Operating System)
  • Ubuntu Server
  • Windows server 2008

Sebenarnya masih ada satu lagi jenis Operating System yang tidak saya jelaskan diatas, yaitu Sistem Operasi berbasis NUI (Natural User Interface) belum saya jelaskan karna saya belum mengerti lebih jauh tentang Operating System Jenis ini, mungkin akan saya ulas kapan – kapan saja…

Untuk penjelasan mengenai 9 Macam Sistem Operasi Komputer yang sudah saya sebutkan diatas, baik itu dari (GUI) atau (CLI) akan saya ulas secara bertahap, jadi silakan kamu tunggu saja..

Cukup sekian ulasan mengenai Pengertian Sistem Operasi Komputer (Operating System) dan Jenisnya, semoga bisa memberikan manfaat untuk saya sendiri khususnya, dan umumnya untuk para pembaca artikel ini.

Apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam materi yang ada pada artikel kali ini, atau apabila ada kritik maupun saran dari anda, mohon disampaikan di kolom komentar…

Check Also

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap – Tahun ini bisa dikatakan Internet adalah suatu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *