Home / Blog / Pengertian SSL Dan Fungsi SSL Untuk Website / Blog Lengkap

Pengertian SSL Dan Fungsi SSL Untuk Website / Blog Lengkap

Webmobile.id – Pengertian SSL Dan Fungsi dari ssl. Untuk anda pengguna internet terutama anda yang memiliki sebuah blog atau website, apakah anda pernah mendengar istiliah SSL? Saya rasa masih banyak yang belum familiar mengenai istilah yang satu ini.

Karena SSL ini tergolong baru, saya pun masih banyak belajar mengenai SSL.

Artikel ini pun saya ambil dari website lain (sumber tertera di bawah). Yuk, kita sama-sama belajar tentang SSL!

Baca Juga

Pengertian dan Fungsi SSL

Apa itu SSL

SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer, adalah  sebuah protocol internet yang beroperasi pada layer transport yang memakai algoritma berbeda untuk membangun keamanan dengan sistem otentikasi menggunakan enkripsi, sertifikat, algoritma pertukaran kunci sesi pada jaringan dan pemeriksaan integritas.

SSL memungkinkan komunikasi yang terjadi di antara WWW-client dengan WWW-server dapat berjalan dengan aman dan terenkripsi, dengan begitu kemungkinan hacker akan mengalami kesulitan untuk mencuri data.

Dalam hal mengamankan data, protokol SSL tidak bisa berjalan sendiri, SSL membutuhkan protokol lain yakni protokol HTTPS (HTTP Secure).

HTTPS ini merupakan versi aman dari HTTP, dimana data yang melewati HTTPS ini akan dienkripsi terlebih dahulu.

Apakah yang Dimaksud dengan Sertifikat SSL

Sebuah website haruslah memiliki sertifikat SSL terlebih dahulu sebelum bisa membuat koneksi SSL.

Saat seseorang menghidupkan protokol SSL di web nya, Orang terserbut akan diminta untuk menjawab pertanyaan dengan tujuan untuk membangun identitas mereka.

Pertanyaan tersebut biasanya berupa informasi tentang situs dan perusahaan (hosting dan domain yg digunakan).

Setelah sertifikat SSL yang diminta, server web menciptakan dua kunci kriptografi, satu adalah kunci pribadi dan yang lainnya adalah Kunci Publik.

Tombol ini digunakan bersama dengan rumus enkripsi untuk menciptakan hubungan yang aman antara web server dan web browser.

Fungsi SSL

Fungsi dari SSL atau Secure Socket Layer adalah untuk memfasilitasi atau menyediakan infrastruktur komunikasi standar yang memungkinkan sebuah aplikasi dapat menggunakan infrastruktur tersebut dengan mudah dan hampir tidak terlihat.

SSL juga menyediakan otentikasi yang sangat aman. Mekanisme otentikasi dasar seperti password Telnet dan otentikasi HTTP dasar menjadi sangat kuat ketika menggunakan SSL dibandingkan dengan TCP biasa, di mana pada SSL password tidak lagi dikirim dalam bentuk plainteks.

SSL mengenkripsi koneksi, bukan data pada kedua pihak yang berkomunikasi, dan tidak mengandung mekanisme untuk otentikasi user ataupun perlindungan password (hanya koneksi yang diotentikasi, keamanannya akan gagal jika mesin pada kedua pihak yang berkomunikasi compromised).

Kenapa Harus Menggunakan SSL

Untuk Men-enkripsi Informasi Sensitive.

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut.

Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan.

Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut.

Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

Nah kurang lebih seperti itu pengertian dan fungsi SSL. Semoga bisa dipahami dan tentu saja, semoga bermanfaat.

Terima Kasih – Webmobile.id

Teori Komputer – Pengertian Dan Fungsi SSL Pada Jaringan Komputer

IDCloudHost – SSL (Secure Socket Layer)

Check Also

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network) – VPN atau kepanjangan dari …

One comment

  1. Heya i am for the first time here. I came across this board and I find It really helpful & it helped me
    out a lot. I’m hoping to present something back and help others
    such as you aided me.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *