Home / Hardware Komputer / Perbedaan RAM Dan ROM Pada Perangkat PC/Laptop (Singkat dan Padat)

Perbedaan RAM Dan ROM Pada Perangkat PC/Laptop (Singkat dan Padat)

Perbedaan RAM Dan ROM Pada Perangkat PC/Laptop (Singkat dan Padat) – Mungkin kamu sudah sering mendengar kedua istilah Hardware (perangkat keras) komputer tersebut, keduanya memilki fungsi yang hampir sama yakni sebagai media penyimpanan system komputer, namun ada beberapa perbedaan  diantara kedua nya yang perlu untuk kamu ketahui.

Kalo di smartphone RAM adalah yang paling utama di pertimbangkan sebelum kita membelinya, tapi tidak untuk pengguna PC/Laptop, karna RAM tidak menentukan kecepatan (mobilitas) pada perangkat tersebut, meskipun RAM yang digunakan pada Komputer mencapai 8 GB tapi, jika prosesor yang digunakan seri lama (generasi lama) itu mah sama aja…

Perbedaan RAM Dan ROM Pada Perangkat PC/Laptop (Singkat dan Padat)

Seperti biasa, sebelum membahas lebih jauh mengenai sesuatu, ada baik nya kita ketahui dulu pengertiannya. RAM dan ROM tentu saja memiliki pengertian yang berbeda. Inilah sedikit pengertian RAM dan ROM

Pengertian RAM

RAM , singkatan dari Random Access Memory adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random.

Pengertian ROM

RAM , singkatan dari Read Only Memory adalah suatu perangkat keras pada komputer atau PC yang berupa chip memori semi konduktor yang isinya hanya bisa dibaca saja.

Setelah anda mengetahui pengertian dari RAM dan ROM, selanjutnya simak apa perbedaan antara RAM dan ROM berikut :

Perbedaan RAM Dan ROM

Dari segi fungsinya

RAM merupakan bentuk penyimpanan data yang bisa diakses secara acak setiap saatnya. Kita bisa untuk mengakses di lokasi yang berbeda dalam perangkat penyimpanan yang juga berbeda. RAM biasanya diukur dengan satuan besaran yang biasanya disebut dengan Gigabyte atau Megabyte dan proses kecepatannya adalah biasa diukur dalam satuan waktu nanodetik.

Data dari Chip RAM biasanya bisa membaca data lebih cepat jika dibandingkan dengan ROM. Dari penggunaan, istilah dari RAM biasaya identik dengan memori utama yaitu adalah memori yang tersedia untuk bisa menjalankan program.

Sementara ROM merupakan tempat untuk bisa menyimpan data internal yang digunakan untuk bisa menjalankan sistem operasi dan juga sistem lainnya yang ada di  laptop atau komputer. ROM adalah merupakan bentuk penyimpanan data dalam perangkat komputer dan juga laptop, termasuk juga smartphone serta tablet.

Dari segi sifat penyimpanannya

Data yang disimpan pada RAM bersifat sementara dengan artian data yang disimpan tersebut akan hilang apabila PC dimatikan. Data-data pada  RAM bisa ditulis dan dihapus.

Sedangkan ROM, data yang disimpan di dalamnya bersifat permanen serta tidak bisa ditulis maupun dihapus.

Dari segi kapan mulai berfungsi nya

RAM bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. Agar lebih mudah dipahami sebagai contoh, saat anda membuka membuka sebuah aplikasi misalnya seperti microsoft atau browser mozila firefox maka prosesor akan membuka program atau aplikasi tersebut dari hardisk dan kemudian akan meload nya ke memory atau RAM. begitulah kira kira pemahaman sederhana tentang fungsi memory atau RAM.

ROM akan mulai bekerja (berfungsi) saat komputer di nyalakan (Star up);

Dari segi kapasitas

RAM umumnya memiliki kapasitas MB hingga GB dengan kecepatan cukup tinggi dibanding ROM. RAM juga bisa ditingkatkan kapasitasnya atau diupgrade. RAM sendiri biasanya berwujud IC atau integrated circuit. Jumlah RAM juga bisa ditambah sehingga performa komputer atau laptop semakin meningkat. Untuk smartphone, RAM berwujud Flash Memory yang sayangnya tidak bisa ditambah.

Berbeda dengan ROM yang tidak bisa diotak-atik karena diisi oleh pabrik pembuatnya sendiri. ROM biasanya memiliki kapasitas cukup besar 4 GB, 32 GB hingga 512 GB.

Dari segi kinerja atau kecepatannya

Chip RAM biasanya melalui proses yang cukup cepat. Sebuah chip RAM biasanya dapat menyimpan dalam satuan gigabyte.

Sementara dari chip ROM biasanya hanya menyimpan beberapa megabyte (mb) data sampai 4MB atau lebih dalam perchipnya.

Demikian Perbedaan RAM Dan ROM Pada Perangkat PC/Laptop (Singkat dan Padat)

Refrensi :
» https://apaperbedaan.com/ram-dan-rom/
» https://www.pricebook.co.id/article/review/2016/03/17/3738/beda-ram-dan-rom-pada-komputer-laptop-dan-smartphone

Check Also

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap – Tahun ini bisa dikatakan Internet adalah suatu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *