Home / Reviews / 2 Bulan Bersama Honor 7A Review Indonesia Lengkap dengan Hasil Kamera

2 Bulan Bersama Honor 7A Review Indonesia Lengkap dengan Hasil Kamera

Seminggu menjelang Lebaran Lalu, Honor merelease lagi smartphone affordable barunya, Honor 7A untuk Indonesia. Belum lama ini kita sudah melihat Honor memperkenalkan seri Honor 9 Lite, Honor 7X, dan Honor V10. Jadi tahun ini terlihat kalau Honor benar-benar serius untuk pasar Indonesia.

Sebelumnya di China dan India, Honor juga meraih prestasi penjualan yang sangat baik, yang menjadikannya siap untuk memiliki manajemen sendiri lepas dari brand induknya, Huawei.

Biasanya seri Honor yang keluar mirip dengan seri Huawei yang lebih dahulu diperkenalkan dengan sedikit modifikasi, dan yang paling penting biasanya harganya lebih terjangkau. Harga yang lebih terjangkau ini membuat Honor bisa bersaing dengan smartphone Tiongkok lain yang juga berorientasi pada harga yang terjangkau dengan spesifikasi yang baik. Jika kita sandingkan, Honor 7A ini bisa dikatakan kembaran dari Huawei Nova 2 Lite.

 Review Huawei Honor 7A, hasil kamera honor 7a terbilang bagus, Honor 7A Di patok dengan harga murah dan berkualitas, Harga honor 7A berkisar 2 juta.
Honor 7A, Tampak Belakang
Honor 7A Review indonesia

Apa yang menjadi ciri smartphone mid-end sekarang juga dimiliki oleh Honor 7A, walau secara spesifikasi penggunaan prosesor bukan yang seri yang paling hi-end seperti smartphone flagship, tetapi membawa fitur-fitur dan kelengkapan yang dulunya hanya dimiliki smartphone flagship. Pada perkenalan kita dengan Honor 7A, kita akan membahas sisi menarik atau fitur kunci dari Honor 7A ini:

Layar Full View

Trend layar memanjang 18:9 selain bisa membawa layar yang besar tetapi tetap dalam ukuran body yang tetap kompak, juga membuat rasio perbandingan smartphone lebih enak dilihat, yang kemudian membuat desain smartphone terasa lebih modern.

Honor 7A menggunakan panel layar IPS LCD dengan ukuran 5.7 inci dengan resolusi HD+, 1440 x 720. Ini membuatnya memiliki kepadatan pixel 283 ppi, kepadatan yang cukup untuk kebanyakan orang yang tidak memiliki kemampuan mata vision 20/20.Honor 7A Review indonesiaMemang sekarang ini banyak smartphone sudah menggunakan resolusi Full HD, tetapi bagaimanapun resolusi HD memiliki beberapa keunggulan untuk mereka yang tidak terlalu picky dengan besaran angka spesifikasi, misalnya resolusi 720 lebih mudah dirender oleh prosesor mid-end untuk menghasilkan FPS (frame per second) yang lebih baik, terutama untuk bermain game sehingga tidak mudah lag atau patah-patah. Resolusi yang lebih simple ini juga memiliki andil dalam daya tahan baterai, tidak seboros resolusi yang lebih tinggi.

Layar yang memanjang juga lebih nyaman untuk digunakan split screen, dua aplikasi yang bisa berjalan bersamaan, memudahkan kita misalnya untuk tetap membaca berita sambil tetap chatting, atau mungkin membuat nota catatan sambil berhitung dengan kalkulator

Honor 7A Review indonesia
Split Screen, 2 aplikasi dalam 1 layar

Layar memanjang juga bisa menyumbang pandangan yang lebih luas saat bermain game atau menonton video, dan film-film bioskop yang biasanya memang rasionya memanjang ditampilkan lebih pas, tidak menyisakan banyak bar hitam di atas dan di bawah.

Honor 7A Review indonesia
Full Screen untuk menonton film

Keamanan Biometrik

Dulu smartphone hi-end saja yang memiliki fitur keamanan biometrik, seperti fingerprint. Sekarang fingerprint sudah umum ada di smartphone mid-end, begitupula di Honor 7A. Fitur keamanan biometrik yang sekarang sedang trend adalah pengenalan wajah atau face unlock.

Honor 7A Review indonesia
Fingerprint unlock

Fitur biometrik face unlock ini juga sudah disematkan di Huawei Honor 7A, menggunakan kamera depan sebagai pengenalan wajah. Saat smartphone diangkat dan kamera depan melihat wajah kita, smartphone akan terbuka. Saat terlalu gelap dan wajah sulit dikenali, fingerprint menjadi kunci backup yang bisa dibuka dengan jari.

Honor 7A Review indonesia
Face Unlock

Dual Kamera

Saat awal, hanya smartphone hi-end yang dilengkapi dual kamera, tetapi dengan cepat dual kamera juga menjadi fitur andalan smartphone mid-end, sehingga gap yang dulunya besar antara kemampuan smartphone hi-end dan mid-end, sekarang bisa diperkecil.

Review Honor 7A ndonesia
Dual Kamera

Honor 7A dilengkapi dual kamera belakang, dengan kamera utama 13 MP f/2.2 dan kamera kedua 2MP untuk membantu memberikan efek bokeh karena perbedaan focal length.

hasil kamera Honor 7A ndonesia
Level Blur dari Wide Aperture yang bisa diatur sebelum dan sesudah foto diambil | hasil kamera Honor 7A

Level blur pada efek bokeh ini bisa diatur levelnya, memimik lensa kamera profesional dengan aperturenya dari f/0.95 – f/16. Pengaturan level blur ini bisa dilakukan sebelum foto diambil atau sesudah foto diambil, termasuk memindahkan fokus, kalau-kalau kita malah ingin mengganti fokus objek malah pada bagian background.

hasil kamera Honor 7A ndonesia
Memindahkan fokus ke background setelah foto diambil | hasil kamera Honor 7A

Efek bokeh pada Huawei Honor yang disebut wide aperture mode juga bisa digabungkan dengan efek beauty untuk foto potrait. Jadi pada menu kamera kita memiliki 2 level pengaturan, efek blur dengan wide aperture, dan efek beauty jika diperlukan yang bisa diatur levelnya.

Selain wide aperture dan potrait mode, kamera belakang Honor 7A juga dilengkapi mode untuk membuat foto panorama dan HDR. HDR (High Dynamic Range) ini untuk foto objek saat perbedaan cahaya cukup besar, misal kamera menghadap sinar matahari sehingga objek menjadi gelap atau siluet, dengan HDR kamera akan mengambil foto-foto dengan kontras yang berbeda dan menggabungkannya agar sebisa mungkin semua objek terlihat lebih baik.

hasil kamera Honor 7A ndonesia
Beberapa Mode Kamera Honor 7A | hasil kamera Honor 7A

Ini beberapa contoh hasil kamera utama dari Huawei Honor 7A:

hasil kamera Honor 7A ndonesia
Potrait wide aperture | hasil kamera Honor 7A
hasil kamera Honor 7A ndonesia
Wide Aperture dalam cahaya standar lampu di dalam ruang | hasil kamera Honor 7A
hasil kamera Honor 7A ndonesia
Pemisahan Objek yang kontras, bagian depan yang tajam dan belakang blur | hasil kamera Honor 7A
hasil kamera Honor 7A ndonesia
hasil kamera Honor 7A baik dan tajam | hasil kamera Honor 7A

Hasil Kamera Honor 7A

Kamera depan Honor 7A dilengkapi resolusi 8 MP dengan toning light. Berbeda dengan LED flash yang lebih ditujukan untuk membuat objek terlihat di tempat gelap atau temaram, toning light bisa digunakan bukan hanya dalam kondisi gelap. Level kecerahan toning light ini bisa diatur saat mengambil foto selfie, dari yang sekedar membuat muka lebih terlihat, hingga membuat kontur wajah yang lebih baik sesuai kondisi pencahayaan sekitar.

hasil kamera Honor 7A ndonesia
Contoh Hasil Kamera Honor 7A

Untuk mereka yang suka sekali selfie, tersedia juga mode perfect selfie sesuai wajah, dengan melakukan 3 pose menatap ke depan, samping, dan menunduk, yang kemudian algoritma software kamera menentukan level terbaik beautify untuk wajah tersebut, seperti ukuran pembesaran mata, kehalusan kulit, kecerahan warna kulit, dll.

hasil kamera Honor 7A ndonesia
Contoh Hasil Kamera Honor 7A

EMUI 8.0

Karena keluaran tahun ini, maka Honor 7A sudah menggunakan sistem operasi Android Oreo 8.0. Seperti biasa untuk User Interface atau antar muka digunakan EMUI 8.0 khas Huawei. Dengan UI EMUI ini tampilan antar muka seperti desain icon, gesture, berbeda dengan stock android dan lebih kaya dalam fitur.

hasil kamera Honor 7A ndonesia
EMUI 8.0

Pada tampilan utama kita bisa memilih apakah semua aplikasi akan tampil di depan atau bisa seperti original android dengan sebagian aplikasi berada di drawer.

hasil kamera Honor 7A ndonesiaBeberapa kemudahan ditambahkan dalam EMUI 8.0, seperti mengetuk layar untuk menyalakan dan mematikan unit tanpa perlu menekan tomobol power, mentap dengan 3 jari sekaligus untuk meng-capture screen, dan berbagai gesture tambahan untuk akses shortcut dengan cepat ke berbagai aplikasi.

Spesifikasi huawei honor 7a

Layar

  • 5.7-inci 1440p x 720p , 16 M colors, 283 PPI
  • 18: 9 wide screen
  • Multiple-point touch-sensitive screen

Dimensi

  • 152.4 mm (Panjang) x73 mm (Lebar) x 7.8 mm (Tebal)
  • Berat 150g

Operating System

  • Android Oreo 8.0 dengan Huawei EMUI 8.0

Processor

  • Qualcomm Snapdragon 430, Octa-Core (4 x 1.4 GHz+4 x 1.1 GHz), GPU Adreno 505

Battery

  • Typical value: 3000 mAh battery
  • Charging duration: approximately 180 minutes from supplied charger [1]
  • Airtime: GSM: 31 hours, WCDMA: 18 hours. [2]
  • Standby time: GSM: 850 hours, WCDMA: 900 hours, LTE TDD: 810 hours, LTE FDD: 820 hours, Dual-card: 350 hours. [3]

Memori

  • ROM: 32 GB
  • RAM: 3 GB
  • Memori Eksternal: microSD card (up to 256 GB) dedicated

Kamera

  • Kamera utama 13 MP + 2 MP PDAF
  • Resolusi Foto: up to 4160 x 3120
  • Resolusi Video: up to 1920 x 1080 (1080P)
  • Kamera depan 8 MP
  • Resolusi Foto: up to 3264 x 2448
  • Resolusi Video: up to 1920 x 1080 (1080P)
  • Mode: Panorama, HDR, watermark, and time-lapse mode

Untuk mereka yang berminat, Huawei Honor 7A Sudah tersedia di pasar Indonesia sejak tanggal 7 Juni 2018 yang lalu, dan dijual perdana melalui Shopee dengan harga 1.899 Juta rupiah.

hasil kamera Honor 7A ndonesia
Launching Honor 7A Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *