Home / Internet / Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap – Tahun ini bisa dikatakan Internet adalah suatu kebutuhan pokok bagi setiap orang, baik itu anak-anak/muda/orang dewasa, Namun, kebanyakan dari pengguna Jaringan Internet belum/tidak mengetahui jenis jaringan yang setiap hari ia gunakan..

Mungkin dari kita banyak yang mengira Macam – Macam jaringan Internet adalah 2G/3G/4G dll.., Tapi kenyataan nya salah besar, karna internet adalah sebuah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Ingin tau kelanjutanya, silakan simak artikelnya dibawah ini…

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Perlu kamu ketahui bahwa setiap artikel yang ditulis pada website ini baik itu Jenis – jenis Jaringan Internet atau lainya, saya dikutip dari sumber terpercaya (Wikipedia), dan dirangkum agar mudah dibaca dan dipahami…

Berikut ulasanya…

1.  LAN ( Local Area Network)

Local Area Network atau yang biasa disebut LAN adalah salah satu jenis jaringan internet  yang mencakup wilayah lokal atau wilayah yang kecil saja. Komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, warnet, kantor adalah salah satu contoh penggunaan jaringan LAN.

Saat ini, teknologi IEEE 802.3 Ethernet adalah teknologi yang paling banyak digunakan pada jaringan LAN. Sebuah jaringan LAN mempunyai kecepatan transfer data  mulai dari 10, 100 sampai 1000 Mbps.

Selain menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet, saat ini juga sudah banyak jaringan LAN yang menggunakan teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) untuk membentuk jaringan LAN.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network) adalah suatu jaringan komputer di dalam suatu kota dengan kecepatan transfer data yang tinggi, yang menghubungkan jaringan LAN di beberapa lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya.

Jangkauan dari jaringan MAN ini bekisar antara 10km hingga 50km, biasanya jaringan MAN terdapat di dalam satu area atau wilayah yang agak luas jaraknya (namun umumnya masih satu kota). Seperti hal nya jaringan LAN,  jaringan MAN pun memiliki wireless MAN.

Contoh penggunaan jaringan MAN bisa kita lihat pada jaringan perbankan…

Tentu saja setiap bank mempunyai kantor pusat dan kantor cabang. Pada setiap kantornya,  baik itu kantor pusat maupun kantor cabang pasti memiliki jaringan LAN di dalamnya, penggabungan LAN – LAN pada setiap kantor inilah  yang akan membentuk sebuah jaringan MAN.

MAN biasanya dapat menunjang data baik berupa teks maupun suara, bahkan MAN juga bisa berhubungan dengan gelombang radio atau jaringan televisi kabel.

3. WAN (Wide Area Network)

Dalam bagian WAN ini, Kami tidak akan panjang lebar menjelaskan apa itu WAN, (semua penjelasan tentang WAN hampir sama dengan penjelasan pada bagian MAN), bedanya hanya di jangkauan jaringan nya saja.

Apabila pada jaringan MAN jangkauannya hanya berkisar 10-50km saja, jaringan WAN mempunyai cakupan yang jauh lebih luas dari itu, bahkan bisa mencakup antar negara dan benua sekalipun. Saya rasa hanya itu saja perbedaan nya, selebihnya anda bisa baca kembali pada bagian MAN diatas.

4. SAN ( Storage Area Network)

SAN adalah sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yng khusus, terdiri dari server dan penyimpanan (storage). Terpisan dan berbeda dengan LAN/WAN perusahaan, tujuan utama SAN adalah untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpanan, tanpa mengurangi bandwidth yang ada di LAN/WAN.

Biasanya tersambung melalui Fiber Channel, sebuah teknologi komunikasi data berkecepatan sangat tinggi, menjadikan SAN sebuah jaringan dedicated yang flatform-independent yang beroperasi dibelakang server.

SAN terdiri dari infrastuktur komunikasi, yang memberikan sambungan fisik, dan lapisan managemen, yang mengatur sambungan, elemen penyimpanan, dan sistem komputer sehingga menghasilkan transfer data yang sangat aman dan handal.

 5. CAN (Campus Area Network)

CAN adalah Sebuah jaringan kampus yang mencakup dengan beberapa LAN tetapi lebih kecil dari jaringan area Metropolitan (MAN).

Jenis jaringan ini banyak digunakan di universitas relatif besar atau kantor-kantor bisnis lokal dan bangunan. CAN dapat di gunakan sebagai jaringan metropolitan yang memiliki pengaturan khusus di daerah kecil hanya seperti laboratorium komputer di universitas.

6. PAN (Personal Area Network)

PAN atau biasa disebut dengan jaringan PAN pada istilah jaringan komputer adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan perangkat-perangkat lain seperti handphone, speaker, komputer dan perangkat lain. Jangkauan jaringan komputer ini relatif sangat dekat sehingga tidak bisa menjangkau jarak yang jauh.

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).

Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire.A wireless personal area network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigBee.

7. INTERNET (Interconnection Networking)

Internet disebut juga jaringan komputer yang memiliki jangkauan hingga keseluruh pelosok dunia. Atau bisa dikatakan suatu jaringan dalam jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan berjuta komputer didunia.

Jaringan ini adalah yang paling powerfull dalam hal pertukaran data karena kecepatannya bisa sangat tinggi. Jaringan ini seringkali dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global yang meliputi pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain-lain.

Saya kira sampai disini saja penjelasanya..

Demikian Jenis atau Macam Macam Jaringan Internet Lengkap

Source :
http://blogseobrilliant,com/2014/01/macam-macam-jaringan-internet
https://idcloudhost,com/apa-itu-storage-area-network-san
https://brainly,co,id/tugas/1973332
https://www.utakatikotak,com/kongkow/detail/5561/Pengertian-Personal-Area-Network-Pan-pada-Jaringan-Komputer

Check Also

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang (Pass) Dengan Pekerjaan Kamu  – Banyak orang sekarang memiliki dua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *