Home / Blog / Network Device | Pengertian dan Macam – Macam Network Device

Network Device | Pengertian dan Macam – Macam Network Device

Network Device | Pengertian dan Macam – Macam Network Device – Seperti yang kita ketahui bersama, sebuah komunikasi bisa terjalin karena terdapat sebuah media dan juga perangkat yang akan mendukung proses komunikasi tersebut. Media merupakan alat / benda yang berfungsi sebagai perantara, sedangkan perangkat pendukung adalah suatu benda / alat yang akan kita gunakan untuk berkomunikasi.

Jadi kita bisa tarik kesimpulan disini bahwa ke-2 benda tersebut (media dan perangkat pendukung) sangat dibutuhkan keberadaannya. Mereka mempunyai peran masing – masing dan akan saling melengkapi guna menciptakan suatu komunikasi yang lancar.carada

Berbicara tentang penjelasan lengkap mengenai media, sebelumnya telah saya paparkan pada artikel Pengertian Media Transmisi dan Macam Jenisnya. Dan kali ini kita akan membahas topik lanjutan mengenai perangkat jaringan.

Pemahaman…..!!!

Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika kita mengupas lebih lanjut agar kita paham skema / analogi dasarnya. Pada umumnya, untuk menciptakan suatu komunikasi yang lancar dalam suatu jaringan kita membutuhkan beberapa alat / device yang bisa berfungsi sesuai perannya masing – masing.

Sebagai contoh, ketika kita ingin membangun sebuah jaringan di laboratorium komputer yang akan difungsikan sebagai komputer untuk ujian nasional (UNBK) maka kita memerlukan kedua alat tersebut (media dan perangkat pendukung). Dalam skema jaringan tersebut, yang berperan sebagai media yaitu kabel jaringan dan LAN Card. Sedangkan perangkat pendukungnya yaitu server UNBK, PC Client, Router, dan lain sebagainya.

Tanpa 2 alat tersebut, maka komunikasi antara server dan komputer client / pengguna tidak dapat terjalin dengan baik, sehingga menyebabkan gagalnya pelaksanaan ujian nasional (UNBK). Sebenarnya hal ini bisa kita pahami dengan mudah, apalagi kita bisa mengaitkan dengan kehidupan sehari – hari.

Baca Juga :

Misalnya ketika sedang mengobrol, media komunikasi yang berperan adalah udara, dan perangkat pendukungnya adalah mulut dan otak. Udara akan berperan sebagai penyampai suara karena suara merambat melalui udara, dan otak berperan sebagai perangkat pendukung untuk berfikir apa saja kata – kata yang akan disampaikan. Kemudian mulut akan berperan sebagai penyampai kata – kata yang telah dipikirkan oleh otak kita.

Mulut juga bisa berperan sebagai media, yaitu media dalam penyampaian suatu informasi yang ada dalam pemikiran otak kita. Namun itu tergantung dari cara pandang seseorang, yang terpenting kita sudah mempunyai gambaran dan skema mengenai pentingnya peran dari kedua benda tersebut.

Untuk menambah pengetahuan saja, setelah kita membahas tentang server yang digunakan untuk keperluan ujian nasional (UNBK), akan lebih baik lagi jika kita mempelajari lebih lanjut mengenai sistem operasi apa yang digunakan pada server tersebut. Untuk artikel selengkapnya silahkan lihat pada Pengertian NOS Network Operation System dan Jenis – Jenisnya.

Nah setelah membaca penjelasan yang panjang dan lebar dari tulisan diatas, mari kita lanjut ke topik utama artikel ini, yaitu tentang pengertian secara umum dari network device.

Network Device | Pengertian dan Macam – Macam Network Device

Network Device | Pengertian dan Macam - Macam Network Device

Pengertian Network Device

Apa itu network device / alat pendukung jaringan komputer??? Seperti penjelasan diatas, perangkat / alat jaringan komputer (network device) merupakan alat yang berperan sebagai pendukung dalam proses pertukaran informasi / transmisi data sehingga perangkat yang bersangkutan bisa beroperasi dengan baik.

Penjelasan mengenai hal ini bisa berbeda – beda versinya, tidak hanya terpaku pada satu pengertian saja. Itulah mengapa diatas saya jelaskan panjang x lebar, tujuannya tidak lain agar yang membaca paham skema-nya, sehingga bisa menarik kesimpulan sendiri mengenai pengertian dari network device.

Dalam proses pertukaran informasi / transmisi data, sebuah komputer membutuhkan perangkat pendukung agar proses komunikasi antar komputer dapat terjalin dengan baik. Perangkat yang dimaksud misalnya adalah router, switch, access point, wireless card dan lain sebagainya.

Sesuai dengan fungsi dan perannya masing – masing, perangkat tersebut akan mendukung proses komunikasi dan pertukaran data yang dilakukan oleh komputer – komputer yang ada pada jaringan tersebut.

Nah setelah memahami tentang pengertian network device, mari kita lanjut ke poin selanjutnya, yaitu macam – macam perangkat pendukung jaringan.

Baca Juga :

Macam – Macam Perangkat Jaringan Komputer / Network Device :

1. Router

Network Device | Pengertian dan Macam - Macam Network Device

Router merupakan perangkat / alat pendukung jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih yang berbeda sehingga proses transmisi data dari suatu perangkat bisa diterima dan diteruskan kepada perangkat yang lain yang membutuhkan.

Router sering digunakan pada jaringan yang berbasis protokol TCP / IP. Router yang digunakan dalam jaringan jenis ini juga sering disebut dengan istilah IP router.

Selain fungsi diatas router juga bisa digunakan untuk membangun koneksi antara jaringan LAN dan layanan telekomunikasi. Router yang digunakan dalam hal ini juga sering disebut dengan istilah access server.

Ada pula router yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan lokal ke dalam sebuah koneksi jaringan DSL (Digital Subscriber Line). Router yang digunakan dalam ini biasa disebut dengan DSL router.

Jenis Router yang telah dijelaskan di atas biasanya telah dilengkapi dengan fitur firewall layaknya windows. Router juga memiliki kapabilitas untuk memblokir lalu lintas data yang dikirimkan dari broadcast. Hal tersebut akan mencegah terjadinya broadcast storm yang dapat mengakibatkan kinerja jaringan menjadi lebih lambat.

2. Wireless Card

Network Device | Pengertian dan Macam - Macam Network Device

Wireless Card merupakan alat pendukung jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat tanpa menggunakan kabel. Wireless Card akan menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer sehingga bisa saling terhubung dan saling bertukar data maupun informasi melalui jaringan Wi-Fi, dan tentunya tanpa menggunakan media kabel.

3. Bridge

Network Device | Pengertian dan Macam - Macam Network Device

Bridge merupakan perangkat / alat pendukung jaringan komputer yang berfungsi untuk memperluas jangkauan jaringan menjadi lebih luas lagi sehingga bisa digunakan untuk keperluan tertentu dan bisa menjangkau wilayah yang lebih luas.

Cara kerja bridge yaitu perangkat tersebut akan mengenali setiap alamat MAC yang biasanya mentransmisikan data ke jaringan, kemudian bridge akan membuat tabel otomatis.

Kelebihan dari jaringan bridge yaitu bisa menentukan segmen mana yang akan di saring (rooting).

4. Hub

Network Device | Pengertian dan Macam - Macam Network Device Adalah Komponen - Komponen / Alat Yang Berfungsi Sebagai Perangkat Pendukung Jaringan Komputer

Hub merupakan perangkat jaringan yang berfungsi sebagai terminal / penghubung dari setiap perangkat yang masuk. Kelemahan Hub yaitu mudah terjadi collision / tabrakan data sehingga menyebabkan transmisi data yang lain terganggu dan macet.

Prinsip kerja dari Hub adalah dengan cara menyalin paket data dari sumber yang tersambung pada port pada hub tersebut dan membagikan lagi kepada seluruh port yang tersambung dengan perangkat hub tersebut.

5. Switch

Network Device | Pengertian dan Macam - Macam Network Device Adalah Komponen - Komponen / Alat Yang Berfungsi Sebagai Perangkat Pendukung Jaringan Komputer

Hampir sama dengan Hub, Switch juga berfungsi sebagai terminal / penghubung dari setiap perangkat / device yang tersambung. Switch bisa membagi paket jaringan lokal ke banyak perangkat komputer dengan rata.

Berbeda dengan Hub, Switch tidak pernah mengalami kejadian / masalah seperti collision / tabrakan data.

Fungsi utama dari switch adalah menerima sinyal dan mengirimkannya kembali data jaringan tersebut dari server ke jaringan perangkat yang lain.

Kelebihan switch dibanding dengan Hub yaitu perangkat switch lebih cerdas dalam hal membagi sinyal koneksi agar merata serta lebih pintar dalam memilah – milah jalur agar tidak terjadi collision / tabrakan data. Switch akan membuat seluruh komputer komputer / perangkat yang terhubung pada jaringan tersebut agar mendapatkan kecepatan internet yang setara.

Jika kita ibaratkan, misalnya dalam satu ruangan terdapat 5 orang, namun hanya ada satu orang yang memiliki makanan. Maka fungsi dari hub dan switch yaitu membagi makanan yang dimiliki oleh 1 orang kepada seluruh orang yang ada di dalam ruangan tersebut. Namun Hub tidak mampu membagi paket data (dalam hal ini makanan jika mengacu pada contoh diatas) tersebut secara adil dan rata ke setiap port (setiap orang).

6. Access Point

Network Device | Pengertian dan Macam - Macam Network Device Adalah Komponen - Komponen / Alat Yang Berfungsi Sebagai Perangkat Pendukung Jaringan Komputer

Access point merupakan sebuah alat jaringan komputer yang mampu menciptakan jaringan lokal secara nirkabel / WLAN (Wireless Local Area Network) atau koneksi tanpa kabel. Access point akan disambungkan dengan router, hub ataupun switch melalui kabel Ethernet dan akan memancarkan sinyal wifi pada area tertentu. Agar dapat terhubung dengan jaringan lokal yang telah dikonfigurasi, sebuah perangkat yang bersangkutan terlebih dulu harus melalui access point.

Perangkat pendukung Access point terdiri dari antena dan transceiver yang berfungsi sebagai pusat pemancar dan penerimaan sinyal secara multiplex (dua jalur) dari client maupun server.

Access point tidak bisa mengatur aliran data layaknya router, access point hanya akan berfungsi untuk menyambungkan atau menolak perangkat yang mencoba untuk terhubung dengan jaringan tersebut, yaitu berdasarkan akurasi password (benar tidaknya password yang yang dimasukkan oleh pengguna perangkat).

7. Modem

Network Device | Pengertian dan Macam - Macam Network Device Adalah Komponen - Komponen / Alat Yang Berfungsi Sebagai Perangkat Pendukung Jaringan Komputer

Modem merupakan perangkat jaringan yang merupakan singkatan dari Modulator Demodulator.

Kedua kata ini mempunyai arti tersendiri, yakni, Modulator : Berfungsi untuk mengubah siyal informasi menjadi sinyal pembaca yang telah siap untuk dikirmkan.

Sedangkan Demulator : Sebuah bagian yang memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembaca yang diterima dengan baik. Dengan kata lain, modem merupakan jenis alat komunikasi secara dua arah.

Fungsi dari Modem :

Secara umum, modem merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengubah komunikasi 2 arah yakni dengan cara mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.

Sedangkan fungsi modem lainnya antara lain :

  • Sebagai Penghubung Perangkat Dalam Suatu Jaringan.
  • Perangkat Yang Mengubah Sinyal Digital Menjadi Sinyal Analog Dan Sebaliknya Memeriksa Setiap Paket Data dan Komunikasi.
  • Melaksanakan Kegiatan Modulasi dan Demodulasi.
  • Mengkompres Setiap Data yang Dikirmkan Dalam Bentuk Sinyal;

8. Repeater

Network Device | Pengertian dan Macam - Macam Network Device Adalah Komponen - Komponen / Alat Yang Berfungsi Sebagai Perangkat Pendukung Jaringan Komputer

Repeater merupakan perangkat jaringan yang berfungsi sebagai penerima sinyal yang berisi data pada suatu jaringan dan menguatkan kembali koneksi jaringan tersebut. Dengan menggunakan perangkat repeater, maka jangkauan jaringan akan menjadi lebih luas.

Repeater akan menerima sinyal yang kemudian akan dipancarkan kembali sinyal yang identik dengan sinyal asalnya, namun dengan cara yang berbeda. Umumnya perangkat Repeater akan memancarkan kembali sinyal tersebut (sinyal yang diteruskan) ke dalam frekuensi yang berbeda dari frekuensi sebelumnya (dari sinyal asal).

Seperti yang telah dijelaskan diatas mengenai fungsi utamanya, yaitu untuk memperluas lagi jangkauan jaringan tersebut, maka perangkat repeater yang satu ini sering juga disebut sebagai wifi extender.

Selain itu, karena repeater juga berfungsi untuk menguatkan sinyal, maka terkadang orang – orang dan juga para teknisi jaringan sering menyebut perangkat ini (repeater) sebagai wifi booster.

Demikian Network Device | Pengertian dan Macam – Macam Network Device

Check Also

Pengertian, Fungsi Dan Jenis – Jenis Network Protocol / Protokol Jaringan

Pengertian, Fungsi Dan Jenis – Jenis Network Protocol / Protokol Jaringan

Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenis Network Protocol / Protokol Jaringan – Sadar atau tidak, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *