Home / Internet / Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network) – VPN atau kepanjangan dari Virtual Private Network adalah sebuah mekanisme menyambungkan sebuah titik (atau biasa dengan node) pada sebuah jaringan komputer dengan titik yang lain melalui mediasi sebuah jaringan yang lain, dalam hal ini sebuah titik dapat berupa sebuah jaringan komputer lokal (atau biasa disebut LAN) atau sebuah komputer.

Sedangkan istilah tunnel sendiri (terlepas dari kata VPN) merupakan istilah generik yang menjelaskan bahwa sebuah hubungan antar titik pada sebuah jaringan komputer dilakukan melalui ‘semacam terowongan’ antar kedua titik.

Berikut penjelasan Lengkapnya :

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Kali ini saya akan mencoba mengulas secara lengkap tentang pengertian, cara kerja, perbedaan serta kapan kita harus menggunakan (Virtual Private Network) VPN.

Apakah VPN?

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Ini adalah terowongan terenkripsi antara dua perangkat yang memungkinkan anda mengakses setiap situs web dan layanan online secara pribadi dan aman.

Bagaimana Cara Kerja VPN Tunneling?

VPN tunneling akan membuat sambungan point-to-point antara dua perangkat, biasanya antara server VPN dan perangkat anda. Tunneling akan membungkus data anda ke dalam paket TCP/IP standar dan mentransfernya dengan aman di Internet. Karena data dienkripsi, peretas, pemerintah, dan bahkan penyedia layanan Internet tidak dapat melihat, menyadap apalagi mengatur informasi yang anda kirim / terima saat anda terhubung ke server VPN.

Mengapa Kita Harus Menggunakan VPN?

Dari peningkatan keamanan hingga penghematan uang, ada banyak manfaat yang berasal dari penggunaan VPN.

Apa beda VPN dengan Proxy?

Ketika anda terhubung ke server proxy, itu menjadi perantara antara perangkat anda dan Internet. Semua lalu lintas Internet anda dirutekan ulang melalui server proxy, membuatnya tampak berasal dari alamat IP server proxy.

Macam tunnel bila dilihat dari Lapisan OSI dapat berupa tunnel layer 2 seperti tunnel PPP, tunnel PPPoE, VLAN dan sebagainya, tetapi tidak lazim disebut sebagai PPP VPN atau VLAN VPN.

VPN secara pengadaannya terbagi 2, yaitu :

  • Voluntary tunnel, yaitu tunnel VPN yang dibuat secara sukarela oleh pengguna yang membutuhkan sambungan VPN antar titik pada jaringan komputernya.
  • Compulsory tunnel, yaitu tunnel VPN yang secara khusus (baca : transparan) oleh ISP bagi pelanggan layanan VPN-nya.

VPN secara bentuk sambungannya terbagi 3, yaitu :

  • Host-to-Host VPN, yaitu hubungan VPN secara langsung antar komputer.
  • Site-to-Site VPN, yaitu hubungan VPN dilakukan antar router dari beberapa LAN.
  • Host-to-Site VPN, yaitu hubungan VPN yang dilakukan oleh sebuah komputer kedalam sebuah jaringan LAN.

VPN secara pengamanannya terbagi 2, yaitu :

Security VPN, yaitu metode sambungan VPN yang menerapkan beberapa hal terkait pengamanan komunikasi data – seperti enkripsi dan sebagainya. Contoh Security VPN :

  • Point-to-Point Tunneling Protocol (atau PPTP), IP Security (atau IPSec), Layer 2 Tunneling Protocol (atau L2TP), Secure Socket Layer (atau SSL) dan sebagainya.
  • IP VPN, yaitu metode sambungan VPN yang dilakukan oleh ISP melalui media IP secara keseluruhan didalam jaringan internalnya. Contoh IP VPN adalah mekanisme Multi Protocol Label Switching (atau MPLS) dan Virtual Private LAN Service (atau VPLS) dan seterusnya.

Media VPN sendiri dapat dilakukan melalui :

  • Secara lokal LAN, yaitu berupa sambungan antara 2 titik atau lebih didalam sebuah jaringan lokalnya sendiri.
  • Media jaringan pribadi WAN, yang biasanya VPN dilakukan langsung oleh pihak ISP.
  • Media internet, yang biasanya VPN dilakukan secara sukarela oleh pengguna

Secara umum skenario yang ada adalah sebagai berikut :

  • User menggunakan komputer / laptop mengakses melalui HotSpot / jaringan LAN / Internet.
  • User login ke VPN Server.
  • Laptop user akan terbentuk sambungan tambahan ke VPN Server. Sambungan ini merupakan “tunnel” yang semua paket yang lewat akan di enkripsi.
  • Melalui “tunnel” yang di bentuk, laptop akan dapat mengakses Server yang ada di jaringan LAN yang ada di belakang VPN Server.

Protocol VPN

Secara umum ada dua (2) protocol VPN yang banyak digunakan, yaitu,

  • PPTP
  • OpenVPN

PPTP

Point-to-Point Tunneling Protocol(PPTP) adalah metode yang sudah obsolete untuk menerapkan Virtual Private Network, dengan banyak masalah keamanan yang diketahui. PPTP menggunakan saluran kontrol TCP dan Generic Routing Encapsulation tunnel untuk mengenkapsulasi paket PPP.

Baca Juga :

Spesifikasi PPTP tidak mendeskripsikan fitur enkripsi atau otentikasi dan bergantung pada Point-to-Point Protocol yang di-tunnel untuk mengimplementasikan fungsi keamanan. Namun, implementasi PPTP banyak digunakan pada keluarga produk Microsoft Windows mengimplementasikan berbagai tingkat otentikasi dan enkripsi secara native sebagai fitur standar dari Windows PPTP stack. Penggunaan protokol ini dimaksudkan untuk memberikan tingkat keamanan dan tingkat akses jarak jauh yang sebanding dengan produk VPN yang umumnya.

Spesifikasi untuk PPTP diterbitkan pada bulan Juli 1999 sebagai RFC 2637 dan dikembangkan oleh konsorsium vendor yang dibentuk oleh Microsoft, Ascend Communications (hari ini bagian dari Nokia), 3Com, dan lain-lain. PPTP belum diusulkan atau diratifikasi sebagai standar oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

OpenVPN

OpenVPN adalah aplikasi perangkat lunak open-source yang mengimplementasikan teknik virtual private network (VPN) untuk membuat koneksi point-to-point atau situs-ke-lokasi yang aman dalam konfigurasi yang diarahkan atau dijembatani dan fasilitas akses jarak jauh. Ini menggunakan protokol keamanan khusus yang menggunakan SSL / TLS untuk pertukaran kunci. Ini mampu melintasi penerjemah alamat jaringan (NAT) dan firewall. OpenVPN ditulis oleh James Yonan dan diterbitkan dengan GNU General Public License (GPL).

OpenVPN memungkinkan peer untuk saling mengotentikasi menggunakan kunci rahasia yang dibagikan sebelumnya, sertifikat atau nama pengguna / password. Ketika digunakan dalam konfigurasi multiclient-server, ini memungkinkan server untuk melepaskan sertifikat otentikasi untuk setiap klien, menggunakan tanda tangan digital dan otoritas sertifikat. OpenVPN menggunakan library enkripsi OpenSSL secara ekstensif, serta protokol TLS, dan berisi banyak fitur keamanan dan kontrol.

OpenVPN telah diporting dan diembed ke beberapa sistem. Misalnya, DD-WRT memiliki fungsi server OpenVPN. SoftEther VPN, server VPN multi-protokol, memiliki implementasi protokol OpenVPN.

VPN menawarkan semua manfaat dari proxy tetapi juga mengenkripsi data anda.

Terhubung melalui server proksi akan menutupi alamat IP anda dan memungkinkan anda mengakses konten yang disensor. Namun, server proxy tidak mengenkripsi lalu lintas anda, sehingga informasi apa pun yang anda tukarkan melalui koneksi dapat disadap oleh orang lain, seperti perentas atau pencuri identitas, yang juga terhubung ke server proxy.

VPN menawarkan semua manfaat dari server proxy tetapi juga mengamankan dan mengenkripsi data antara perangkat anda dan Internet, memungkinkan anda menikmati World Wide Web tanpa takut informasi anda disadap atau dicuri.

Apa Perbedaan VPN dengan DNS?

Selain layanan VPN utamanya, beberapa layanan VPN juga menyediakan cara untuk mengubah pengaturan DNS anda sehingga hanya konten tertentu yang melewati servernya, meninggalkan sisa lalu lintas jaringan anda untuk ditangani oleh ISP reguler anda.

Hanya mengubah DNS anda agar tidak menggunakan tunneling, yang lebih cepat tetapi juga rentan terhadap gangguan.

Namun, seperti server proxy, layanan DNS ini tidak termasuk tunneling aman untuk lalu lintas jaringan anda, yang membuatnya sedikit lebih cepat tetapi meninggalkannya rentan terhadap gangguan pihak ketiga. Selain itu, mengubah pengaturan DNS anda tidak menyembunyikan alamat IP anda, karena tidak semua lalu lintas Anda dialihkan melalui server DNS. Jika anda ingin tetap anonim dan melindungi informasi yang anda tukar secara online, anda memerlukan VPN.

Apa Perbedaan VPN dengan Firewall?

Firewall adalah penghalang yang menganalisa paket data dari Internet yang mencoba untuk terhubung ke komputer anda, dan hanya memungkinkan paket data yang memenuhi sekumpulan aturan yang telah ditentukan yang bisa melewati.

Firewall adalah penghalang yang menganalisa paket data yang mencoba menjangkau komputer anda.

Menggunakan firewall adalah cara terbaik untuk melindungi perangkat anda dari ancaman seperti serangan virus dan worm. Namun, firewall hanya dapat melindungi perangkat anda dari lalu lintas masuk yang berbahaya.

Untuk mengamankan dan melindungi lalu lintas jaringan yang meninggalkan perangkat anda, anda memerlukan VPN. Firewall memang menawarkan manfaat pelengkap untuk VPN, namun, dan menggunakan keduanya secara bersamaan memberikan keamanan online yang optimal.

Firewall dapat melengkapi VPN untuk menyediakan keamanan online yang optimal.

Apa Perbedaan antara VPN App, VPN Plugin, dan VPN Browser?

  • Browser VPN atau plugin browser hanya melindungi lalu lintas browser web anda.
  • Sisa lalu lintas jaringan dari perangkat anda masih terbuka bagi penyedia layanan Internet dan peretas.
  • Aplikasi VPN akan mengenkripsi dan melindungi semua lalu lintas jaringan dari perangkat anda.
  • Browser VPN atau plugin browser hanya melindungi lalu lintas browser web anda.
  • Sebaiknya anda menggunakan VPN app bukan VPN plugin atau browser.

Dimana kita bisa memperoleh VPN?

Ada cukup banyak layanan VPN di Internet, beberapa diantaranya adalah

  • ExpressVPN,
  • F-Secure Freedome VPN,
  • KeepSolid VPN Unlimited,
  • NordVPN,
  • Private Internet Access,
  • Norton HotSpot Privacy,
  • dan TorGuard.

Untuk perlindungan VPN gratis, bisa di coba

CyberGhost cyberghostvpn.com dan VPNBook vpnbook.com. Sayangnya, VPN free biasanya banyak pop-up iklan.

Tentunya jika tempat anda bekerja cukup canggih, bagian IT perusahaan anda bisa dengan mudah menginstalasi VPN Server.

Kapan Kita Perlu atau TIDAK Perlu menggunakan VPN

Pertanyaan yang sering muncul di banyak orang tentang Virtual Private Network (VPN) adalah tentang kapan sebetulnya kita perlu menggunakan VPN, dan kapan kita tidak perlu menggunakan VPN?

  • VPN mengenkripsi aktivitas anda di Internet termasuk di web.
  • VPN menyembunyikan aktivitas anda dari siapa pun yang mungkin tertarik untuk melihatnya.
  • VPN menyembunyikan lokasi anda, memungkinkan anda untuk mengakses konten yang diblokir karena geo location (mis. Netflix dan situs lain).
  • VPN Membuat anda lebih anonim di web.
  • VPN Membantu anda menjaga agar koneksi terlindungi saat menggunakan hotspot WiFi publik.

Secara keseluruhan, gunakan VPN jika privasi di Internet, di web, keamanan, dan anonimitas penting bagi anda. Dengan $3-5 sebulan adalah harga yang kecil untuk membayar semua itu.

Kapan kita tidak perlu VPN

Jujur, tidak ada alasan yang cukup bagus untuk tidak menggunakan VPN jika anda melihat keamanan dan privasi online anda dengan serius ..

VPN sangat berguna karena ini adalah lapisan keamanan tambahan di atas protokol SSL web, antivirus yang baik, tidak mengunduh surel yang meragukan, tidak berbagi terlalu banyak informasi pribadi di media sosial, dan sebagainya. Secara keseluruhan, ini adalah langkah berikutnya untuk menggunakan web secara lebih sadar dan dengan persiapan pencegahan yang memadai.

Benar-benar tidak banyak kerugian bagi mereka. Mungkin satu-satunya alasan yang bisa di pertanggung jawabkan mengapa kita tidak menggunakan VPN adalah adalah koneksi anda kadang-kadang menjadi agak lebih lambat – karena, anda mengalirkan data anda melalui server tambahan. Lain daripada itu tampaknya tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan VPN.

Sampai disini saya kira sudah rampung.

Sekian Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerja (Virtual Private Network)

Check Also

situs penyedia layanan email gratis

13 Penyedia Layanan Email Gratis Terbaik Yang di Rekomendasikan

13 Penyedia Layanan Email Gratis Terbaik Yang di Rekomendasikan – Email (Elektronik Mail) merupakan surat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *